Breaking News
Home / Berita Satuan / Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Satgas Pamtas Yonif 125/Siโ€™mbisa Berikan Sosialisasi Bela Negara Sekaligus Bagikan Baju Kaos Merah Putih Kepada Perangkat Kampung Dan Linmas

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Satgas Pamtas Yonif 125/Siโ€™mbisa Berikan Sosialisasi Bela Negara Sekaligus Bagikan Baju Kaos Merah Putih Kepada Perangkat Kampung Dan Linmas

Kodam I/BB | Merauke โ€“ Dalam rangka menanamkan dan meningkatkan kecintaan terhadap NKRI, Satgas Pamtas Yonif 125/Siโ€™mbisa di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW berikan sosialisasi bela negara dan bagikan kaos merah putih kepada perangkat kampung dan anggota Linmas.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (8/10/2020).

Dansatgas mengungkapkan, sosialisasi bela negara disampaikan Danpos Toray Letda Inf Bambang Suprapto kepada aparat kampung dan anggota Linmas di Balai Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

โ€œMembela negara bukan hanya tugas militer, semua warga negara juga berkewajiban untuk ikut serta dalam upaya bela negara,โ€ pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakan, konsepsi hukum mengenai bela negara di Indonesia sudah diatur dan tercantum yang berlandaskan kepada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 khususnya Pasal 27 ayat (3) yang menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

โ€œBerbicara tentang bela negara harus bisa memaknai nilai-nilai cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara,โ€ tandasnya.

Sementara itu, Danpos Toray Letda Inf Bambang Suprapto menyampaikan kepada perangkat kampung dan anggota Linmas yang hadir bahwa pelaksanaan bela negara disesuaikan dengan peran, porsi dan profesi masing-masing.

โ€œMelaksanakan fungsi pelayan sebagai aparat kampung maupun anggota Linmas dengan baik, juga termasuk bagian dari bela negara,โ€ tuturnya.

Usai kegiatan, Josua Kapaiter (52) selaku Ketua Bamuskam Kampung Toray mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan personel Satgas.

โ€œDengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran aparat kampung maupun anggota Linmas agar tetap menjalankan tugas pelayanan dengan baik sebagai wujud pengabdian dan kecintaan terhadap NKRI,โ€ ucapnya.

Check Also

BABINSA KORAMIL 06/CERENTI KODIM 0302 INHU GOTONG ROYONG PEMBERSIHAN DAN MEMBUAT TERAS MUSHOLA

Dalam rangka melestarikan budaya gotong royong dan kebersamaan guna mewujudkan TNI dan masyarakat bersinergi,babinsa koramil …