Breaking News
Home / Berita Utama / Safari Subuh Arafah, Pangdam I/BB : Dirikan Sholat & Tunaikan Zakat

Safari Subuh Arafah, Pangdam I/BB : Dirikan Sholat & Tunaikan Zakat

Medan – Dalam rangka memakmurkan Masjid dan bersilahturahmi dengan warga masyarakat di Kota Medan. Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi mengadakan kegiatan Sholat Berjamaah dalam Safari Subuh Arafah di Masjid Raya Al-Mashun, Jalan Sisingamangaraja Medan, Minggu (24/07/2022).

Dalam sambutannya, Pangdam ingin para jama’ah untuk selalu menjaga sholat Subuh dan mempererat tali silaturahmi sesama umat muslim, karena melalui Sholat dan silaturahmi ini dipercaya dapat membuat kita panjang umur dan bertambah sehat.

Pangdam berharap para jemaah Sholat Subuh berjama’ah agar dapat mendirikan sholat tepat waktu secara berjamaah, hilangkan prasangka buruk yang bisa menghabiskan energi dan waktu yang sia -sia, mari kita berbuat kebaikan dan manfaatkan waktu untuk menunaikan zakat, menunjukkan prilaku dan tindakan bahwa umat Islam itu terbaik sehingga sangkaan Intoleransi dan radikalisme pupus dengan sendiri.

Tidak hanya itu, kata Pangdam, bahwa Masjid harus dijadikan pusat budaya dan pusat pengembangan ajaran -ajaran Islam, mulailah dari diri kita untuk berbuat baik menyesuaikan dengan indahnya ajaran Islam. Bisa dilihat Pantun Melayu terinspirasi dari Al Qur’an.

Lanjut Pangdam menyebutkan, ajaran Islam itu sempurna, dalam hal – hal kecil mulai dari cara makan, berniaga hingga ingin memulai pekerjaan itu telah diatur dalam Al Qur’an.

Dalam hal memberi solusi buat kaum miskin yang ada, tegas Pangdam bahwa Islam juga telah mengatur bahwa di setiap pendapatan yang kita terima, ada hak orang lain sebanyak 2,5 persen yang disebut Zakat.

Umat Islam bisa membayangkan, dari zakat ini saja, jika dikembangkan dan dikelola secara baik maka akan menjadi solusi mengangkat kehidupan kaum miskin dan perekonomian masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik, Jelas Pangdam.

Sementara itu, Al Ustadz H. Ulumuddin Siraj dalam tausyiah Hablum Minallah adalah Hubungan dengan Allah, sedangkan Hablum Minannas adalah Hubungan dengan sesama manusia, untuk itu, perlu adanya keseimbangan antara hubungan Allah dan sesama manusia.

“Mari kita perbaiki sholat dan perbanyak Amalan yang berguna bagi umat agar Allah SWT bisa menerima ibadah kita selalu umat muslim yang terbaik sehingga berguna bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini, tutup H. Ulumuddin Siraj yang juga Ketua BKM Masjid Raya Al-Mashun.

Selanjutnya, Pangdam Berziarah ke Makam para Sultan Deli, mantan Pangdam I/BB Tengku Rizal Nurdin, hingga ke Makam pertama, Imam Besar Masjid Raya Medan.

Turut Hadir Kabintaljarahdam I/BB Kol. Arh Toto Raharjo, Dandim 0201 Medan Kol Inf Ferry Muzawwad, Kabasarnas Sumut Budiono, Wakabintaljarahdam Letkol Inf Muftiono, Ketua BKM Masjid Raya Al-Mashun Ulumuddin Siraj, Tim Safari Subuh Arafah Sumut, Aceh dan Humas Tim Subuh Arafah Ediwardo Ritonga SSos, Pengurus Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia Sumut Edi Sukarno, Al Ustadz Zulfikar Hajar dan Al Ustadz Amhar Nasution serta jemaah lainnya.

Check Also

Pangdam I/BB: Gowes sehat Sinergitas kuat

Medan – Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, MSi, Gubernur Sumut, Kapolda Sumut …