Breaking News
Home / Berita Satuan / Kebersamaan Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Siโ€™mbisa Bersama Warga Dalam Pembuatan Alat Musik Tradisional Papua

Kebersamaan Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Siโ€™mbisa Bersama Warga Dalam Pembuatan Alat Musik Tradisional Papua

Kodam I/BB | Merauke โ€“ Bangga akan kekayaan dan kenekaragaman budaya Indonesia, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Siโ€™mbisa dibawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW turut menghadiri dan membantu proses pembuatan alat musik tradisional papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Senin (21/9/2020).

Dansatgas mengungkapkan, empat orang personel Satgas dari Pos Toray dipimpin Serda Frans Tarigan turut membantu proses pembuatan alat musik Tifa Papua bersama-sama dengan beberapa warga Suku Yei di Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

โ€œDi kalangan Suku Yei sendiri alat musik ini biasanya dikenal dengan sebutan Kandara atau Tempay,โ€ ujarnya.

Menurut Dansatgas, keterlibatan personel Satgas dalam pembuatan alat musik ini sebagai wujud kecintaan terhadap perbedaan dan keanekaragaman budaya,โ€ tuturnya.

โ€œMomentum ini juga merupakan kesempatan untuk memupuk kebersamaan antara personel Satgas dengan warga perbatasan,โ€ pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakan, tifa oleh masyarakat Papua erat kaitannya dengan kegiatan adat-istiadat, biasanya mereka menggunakan tifa dalam acara-acara ritual, melodi yang dimainkan sakral dan menjadi alat musik utama yang mendominasi saat acara ritual tersebut.

โ€œKita harus bangga dengan keragaman budaya dan mendorong untuk tetap memelihara kelestariannya terutama bagi generasi muda,โ€ tandasnya.

Sementara itu, bapak Ruben Kabarjay (63) warga Kampung Toray menuturkan senang atas kehadiran dan bantuan Satgas dalam proses pembuatan kandara tersebut.

โ€œTerima kasih sudah hadir dan turut membantu, kami sangat senang dengan kebersamaan ini. Semoga setiap perbuatan baik Satgas terutama Pos toray dapat dibalas Tuhan Yang Maha Kuasa,โ€ ucapnya.

Check Also

BABINSA KORAMIL 06/CERENTI KODIM 0302 INHU GOTONG ROYONG PEMBERSIHAN DAN MEMBUAT TERAS MUSHOLA

Dalam rangka melestarikan budaya gotong royong dan kebersamaan guna mewujudkan TNI dan masyarakat bersinergi,babinsa koramil …