Breaking News
Home / Berita Utama / Dukung Konservasi Mangrove, PPAD Sumut Ajak Berbagai Pihak Kolaborasi

Dukung Konservasi Mangrove, PPAD Sumut Ajak Berbagai Pihak Kolaborasi

Belawan – Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Sumatera Utara siap mendukung program pemerintah dalam upaya menyelamatkan kelestarian ekosistem pantai dari berbagai keanekaragaman hayati yang dimiliki.

Salah satu bentuk dukungan PPAD Sumut itu adalah dengan melakukan penanaman mangrove di kawasan Paluh Misang kawasan Palau Kurau, Belawan, Sumatera Utara pada Sabtu (27/8/2022).

Kegiatan ini dilakukan di sela penjajakan kerja sama Budidaya Silvofishery di lahan seluas 20 hektar milik Effendy Wong yang juga Ketua Himpunan Pembudidaya Ikan Laut Indonesia (Hipilindo) dengan PPAD Sumut.

Di kesempatan itu, Ketua PPAD Sumut, Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak, SSos, menjelaskan, penanaman mangrove yang dilakukan pihaknya ini sebagai wujud kepedulian terhadap upaya konservasi hutan mangrove yang kini sedang gencar dilakukan pemerintah.

Konservasi mangrove dengan cara penanaman pohon bakau yang baru di lokasi yang jarang vegetasi mangrovenya, diakui Ganda Simanjuntak adalah sebagai usaha perlindungan, dan pelestarian alam dalam bentuk penyisihan areal sebagai kawasan suaka alam baik untuk perairan laut, pesisir, dan hutan mangrove.

Di samping itu, keberadaan mangrove memiliki fungsi yang strategis dalam menciptakan ekosistem pantai yang layak untuk kehidupan organisme akuatik.

Keseimbangan ekologi lingkungan perairan pantai akan tetap terjaga apabila keberadaan mangrove dipertahankan, karena mangrove dapat berfungsi sebagai biofilter, agen pengikat dan perangkap polusi. Mangrove juga merupakan lumbung kehidupan masyarakat pesisir karena memiliki nilai ekonomis tinggi dan jutaan manfaat untuk kehidupan, sehingga perlu untuk terus dijaga keberadaannya dan dilestarikan kondisinya.

“Kita dari PPAD Sumut siap berkolaborasi dengan stakeholder terkait di pemerintah maupun BUMN lainnya untuk optimasi konservasi mangrove di wilayah Sumatera Utara guna kepentingan generasi masa depan bangsa,” jelas Ganda Simanjuntak.

Kegiatan penanaman mangrove oleh PPAD Sumut ini diikuti sejumlah pengurus dan anggota lainnya. Di antaranya Brigjen TNI Purn Dr Ahwan Ismadi, Kolonel Inf Purn Zukhriadi, Kolonel Cku Purn M Siagian, dan Kolonel Arh (Purn) Hermansyah.

Sumber: Humas PPAD Sumut

Check Also

Pangdam I/BB : Isi Kandungan Ayat Al – Qur’an Dapat Diimplementasikan Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Percut Seituan – Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin S.E., M.Si dan Tim Safari …