Breaking News
Home / Berita Satuan / Danrem 022/PT Pimpin RAT Koperasi Korem 022/PT

Danrem 022/PT Pimpin RAT Koperasi Korem 022/PT

P.Siantar – Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung S.A.P membuka Secara Resmi Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) Primkop Kartika Pantai Timur Tutup Buku Tahun 2021, bertempat di Aula Pantai Timur Makorem 022/PT jalan Asahan Km 3,5 Kec.Siantar Kab.Simalungun.Kamis (10/2/2022).

RAT Primkop Kartika Pantai Timur tutup buku tahun 2021 mengambil tema โ€œDengan Semangat Kebersamaan, Kemandirian Dan Kerja Keras Kita Tingkatkan Peran Koperasi Angkatan Darat Dalam Menunjang Kesejahteraan Prajurit Dan PNS TNI AD โ€ Yang dilaksanakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan, juga dihadiri Kasrem 022/PT , Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. Simalungun, Kasat Disjan Korem 022/PT , Para Kasi Korem 022/PT, Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 022 PDI/BB, Prajurit dan PNS Korem 022/PT.

Dalam sambutannya Komandan Korem 022/PT menyampaikan Rapat Anggota Tahunan ini merupakan forum komunikasi untuk mengkaji dan mengevaluasi pertanggungjawaban pengurus dalam melaksanakan tugas pengelolaan Koperasi selama satu tahun.

Oleh karena itu, setiap anggota diminta untuk mempelajari dan memahami laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh pengurus untuk mengetahui perkembangan yang terjadi, baik menyangkut aspek organisasi, keuangan maupun perkembangan usaha yang dijalankan selama ini, sekaligus memberikan masukan, baik berupa saran maupun pendapat yang positif untuk kemajuan Primkop Kartika Pantai Timur ke depan.

Saya percaya, pelaksanaan tugas pengab-dian pengurus Primkop Kartika Pantai Timur yang dipertanggungjawabkan pada hari ini sudah merupakan upaya dan jerih payah yang maksimal, walaupun mungkin masih terdapat kekurangan dan kelemahannya. Apalagi saat ini kegiatan Koperasi, khususnya unit simpan pinjam anggota dihentikan atas petunjuk Pimpinan TNI AD, dimana pemotongan gaji dan tunjangan kinerja serta iuran koperasi ditiadakan, kemudian simpanan wajib dan simpanan pokok anggota dikembalikan, sehingga kegiatan koperasi sementara tidak berjalan.

Untuk itulah, dalam forum rapat ini nantinya akan disampaikan sudah sejauh mana jumlah dana yang sudah dikembalikan maupun dana yang belum dikembalikan serta data aset bergerak dan tidak bergerak, maupun hal-hal menonjol dan upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi.

Kita ketahui bersama, setelah beberapa waktu unit Usipa Koperasi dihentikan, namun atas petunjuk dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Usipa Koperasi akan diberlakukan kembali dan rencananya akan menggunakan Dana Tanggap Satuan yang pengelolaannya diatur sesuai Surat Edaran Kasad No. SE/13/XII/2021 tanggal 29 Desember 2021 tentang Pengelolaan Dana Tanggap Satuan.

Terkait dengan itu, saya minta kepada Pengurus Primkop Kartika Pantai Timur benar-benar mengelola dana tanggap satuan ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan dan kesejah-teraan anggota dan prioritaskan peminjaman uang di koperasi hanya untuk keperluan yang sangat penting dan pastikan pemotongannya tidak memberatkan anggota.

Kemudian mari secara bersama-sama dalam forum rapat ini, kita memikirkan dan mencari solusi terbaik untuk kemajuan Primkop Kartika Pantai Timur, sehingga di tahun-tahun men-datang koperasi ini semakin berkembang dan lebih maju lagi. Sesuai tema Rapat Anggota Tahunan kali ini yaitu : dengan semangat kebersamaan, kemandirian dan kerja keras kita tingkatkan peran Koperasi Angkatan Darat dalam menunjang kesejahteraan Prajurit dan ASN TNI AD.

Tema tersebut memberikan gambaran bahwa koperasi memiliki peranan yang sangat besar dalam upaya meningkatkan kesejah-teraan Prajurit, PNS dan keluarganya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan untuk dipedomani oleh pengurus koperasi dalam menjalankan tugasnya sebagai berikut :

Pertama, tingkatkan terus kemampuan pengurus dalam mengelola unit-unit usaha Koperasi, dan partisipasi aktif dari anggota serta laksanakan pengawasan secara ketat terhadap pengelolaan dan pengembangan Koperasi.

Kedua, upayakan terus pencapaian hasil usaha Koperasi yang optimal dan manfaatkan potensi maupun peluang pasar yang ada serta kembangkan dengan sebaik-baiknya, sehingga menjadi sumber pendapatan Koperasi dalam rangka mensejahterakan anggotanya selama tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang – Undangan yang berlaku.

Akhirnya, saya ucapkan terima kasih kepada Pengurus dan Pengawas, atas motivasi dan semangatnya dalam mengelola Primkop Kartika Pantai Timur selama ini dan selamat memilih kepengurusan baru priode 2022-2023. ungkap Danrem.

Check Also

BABINSA KORAMIL 06/CERENTI KODIM 0302 INHU GOTONG ROYONG PEMBERSIHAN DAN MEMBUAT TERAS MUSHOLA

Dalam rangka melestarikan budaya gotong royong dan kebersamaan guna mewujudkan TNI dan masyarakat bersinergi,babinsa koramil …