Home / Berita Satuan / Tutup 2020 Tanpa Narkoba, Pendam I/BB Gelar Sosialisasi P4GN dan Tes Urine

Tutup 2020 Tanpa Narkoba, Pendam I/BB Gelar Sosialisasi P4GN dan Tes Urine

Kodam I/BB | Medan – Komitmen Penerangan Kodam (Pendam) I/Bukit Barisan untuk bebas dari narkoba sepanjang tahun 2020 ini dibuktikan dengan menggelar sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba) serta tes urine kepada seluruh personil militer maupun PNS.

Kegiatan yang dipimpin Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, di Media Centre Pendam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (30/12/2020), dilangsungkan dengan penerapan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Dalam sambutan pembuka acara, Kapendam I/BB menjelaskan, sosialisasi P4GN dan pemeriksaan urine seluruh personel ini merupakan upaya satuan untuk dapat menjadi contoh bagi satuan lain atau publik dalam mencegah berkembangnya pemakaian narkoba.

“Tes urine ini merupakan bagian dari upaya Pendam I/BB dalam program P4GN. Pelaksanaan tes urine dilakukan terhadap seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Pendam I/BB, sehingga menutup tahun 2020 ini Pendam I/BB tetap bebas narkoba,” tegas Kapendam I/BB.

Melalui sosialisasi P4GN ini, lanjut Kolonel Zeni, diharapkan prajurit dan PNS Pendam I/BB memahami dampak negatif dari narkoba, dan dapat mencegah diri serta keluarga dari pengaruh bahaya narkoba.

“Syukur Alhamdulillah, dari hasil pemeriksaan tes urine ini seluruh personil Pendam I/BB dipastikan negatif dan bersih dari penyalahgunaan narkoba,” ungkap Kolonel Zeni.

Dengan hasil ini, Kolonel Zeni menekankan kepada seluruh personel Pendam I/BB agar jangan ada yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, baik sebagai pemakai maupun pengedar.

“Kita semua sepakat untuk memerangi narkoba di wilayah Indonesia. Upaya ini memang tidak ringan dan mudah, karena peredaran narkoba dan jaringannya tidak hanya bersifat lokal, regional atau nasional, tetapi sudah internasional,” papar abituren Akmil 1993 ini

“Bila ada yang terbukti baik itu sebagai pengguna maupun pengedar, sanksi tegas yakni diberhentikan dengan tidak hormat dari dinas keprajuritan dan PNS,” tambahnya Zeni lagi.

Sebelum mengakhiri arahannya, Zeni kembali menekankan kepada seluruh personel Pendam I/BB untuk tetap komitmen menjauhi sekaligus ikut memerangi peredaran gelap narkoba.

“Selama libur Tahun Baru 2021 ini, manfaatkan dengan baik dan berbuat hal-hal positif yang bisa memotivasi warga di sekitar. Tetap jauhi narkoba. Jangan sampai anggota Pendam I/BB terlibat. Lakukan evaluasi kerja selama tahun 2020, sehingga di tahun 2021 akan menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Turut hadir di acara, antara lain para Kasi Pendam I/BB, Perwira Staf, Bintara, Tamtama, dan PNS Pendam I/BB.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Rapid Test Covid-19 Batalyon Arhanud 11/WBY

Kodam I/BB | Binjai – Kodam I/Bukit Barisan melakukan Rapid Test Covid-19 kepada seluruh Prajurit …