Home / Berita Satuan / Tradisi Ngabang dan Penyerahan Hewan Kurban Warnai Perayaan Idul Adha Satgas Yonif 133/YS di Tapal Batas

Tradisi Ngabang dan Penyerahan Hewan Kurban Warnai Perayaan Idul Adha Satgas Yonif 133/YS di Tapal Batas

Kodam I/BB | Ketungau Hulu – Momentum Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M di Tapal Batas RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat, diisi personel Satgas Yonif 133/YS dengan melaksanakan Tradisi Ngabang, yakni kegiatan silaturahmi ke rumah-rumah warga.

Kegiatan adat ini dijalani personel Pos Komando Utama Satgas Yonif 133/YS di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, setelah lebih dulu menunaikan menunaikan sholat Ied berjamaah dan penyerahan hewan kurban.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, melalui Wadan Satgas, Mayor Inf Jaya Sandana Sinulangga dari Ketungau Hulu, Sintang, Kalimantan Barat, Jumat (31/7/2020) petang.

Dijelaskan Wadan Satgas, meskipun jauh dari sanak keluarga, namun perayaan Idul Adha oleh personel Satgas di wilayah Tapal Batas ini tetap berlangsung ceria dan penuh dengan semangat.

“Warga di Tapal Batas ini sudah menganggap kita sebagai keluarganya, sehingga kita pun ikut merasakan kebahagian seperti yang dirasakan warga dalam merayakan Idul Adha ini,” terang Wadan Satgas.

Mulai pukul 07.00 Wib waktu setempat, warga dan personel Satgas sudah berbondong-bondong mendatangi Masjid Al Ikhlas Desa Senaning untuk menunaikan sholat Ied berjamaah.

Sekitar 45 menit kemudian, lanjut Wadan Satgas, sholat Ied berjamaah yang tetap mengedepankan Protokol Kesehatan, selesai dilaksanakan.

“Begitu sholat Ied selesai, kita langsung menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor kambing kepada pengurus Masjid Al-Ikhlas Senaning untuk kemudian disembelih, dan dagingnya diserahkan kepada warga yang kurang mampu,” terang Mayor Jaya.

Kegiatan berbagi berkah Idul Adha yang dilakukan personel Satgas, lanjut Mayor Jaya, mendapat apresiasi luar biasa dan ucapan terima kasih dari warga Desa Senaning.

Dan sebagai bentuk kegembiraan warga dalam merayakan Idul Adha ini, maka personel Satgas pun diajak untuk menjalani tradisi Ngabang, yakni kearifan lokal warga muslim Desa Senaning yang melakukan silaturahmi dari rumah ke rumah seusai pelaksanaan Sholat Idul Adha.

“Ini suatu kehormatan dan rasa percaya mendalam yang diberikan warga Desa Senaning kepada personel Satgas Yonif 133/YS. Karenanya, kami akan mengenang tradisi Ngabang ini meskipun nantinya berada jauh dari umat muslim Desa Senaning,” ungkap Mayor Jaya mengakhiri.

Sumber: Pen Yon-133

Check Also

Kapendam : TMMD ke 108, Harus Bisa Bantu Pemda Percepat Pembangunan Infrastruktur di daerah Terisolir

Medan – Dalam rangka membantu pemerintah daerah atau Pemda, terutama dalam mempercepat pembangunan infrastruktur didaerah …