Home / Berita Satuan / TMMD 112 Kodim 0309/Solok Buka Jalan Usaha Tani

TMMD 112 Kodim 0309/Solok Buka Jalan Usaha Tani

Sepanjang 1127 meter jalan usaha tani di Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak dibuka untuk mempermudah akses masyarakat untuk membawa hasil pertaniannya dan akses menuju wisata goa ngalau. Pembukaan lahan tersebut dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD)ke 112 Kodim 0309/Solok.  

Jalan usaha tani ini sebelumnya merupakan jalan setapak mengelilingi hutan menuju lahan perkebunan masyarakat. Karena hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki sehingga ketika membawa hasil panen  masyarakat harus mengeluarkan  biaya angkut cukup tinggi . 

Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Kristian Napitupulu mengatakan jalan Setapak dan Hutan di buat jalan merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 0309/Solok. Selasa (17/09/21)

“Banyak pertimbangan yang sudah dilakukan antara TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok untuk membangun jalan tersebut,” katanya.

Mengatakan,jalan usaha tani menghubungkan wisata Goa Ngalau Nagari Tanjung Alai. Dan pengerjaannya hingga kini disebut dengan harapan setelah TMMD selesai ada akses jalan untuk pertanian dan menuju wisata goa ngalau.

” Sebenarnya, lokasi itu berpotensi, tetapi masyarakat yang memiliki lahan di lokasi tersebut enggan untuk menggarap akibat belum adanya akses jalan, padahal  dilokasi tersebut juga Ada Akses Wisata Goa ngalau yang sangat pontesial dikembangkan sebagai objek wisata,” ujarnya .

Ditambahkannya  malalui program TMMD, pemerintah memberikan kepercayaan kepada pihak TNI untuk membangun jalan yang bisa menghubungkan dua Kampung dan 

Pembangunan jalan di Lokasi tersebut dinilai menguntungkan masyarakat karena semenjak ada jalan menuju lokasi tersebut nilai jual tanah sudah mulai naik, dan juga terbuka Akses Wisata. Selain itu, area yang dahulu lahan tidur sekarang menjadi lahan produktif untuk pertanian. 

“Kita berharap kedepannya setelah di bukanya jalan usaha tani ini bisa dilakukan peningkatan oleh pemerintahan nagari atau Kabupaten sehingga jalan ini mampu menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat, dan kedepannya potensi wisata Goa Ngalau bisa dikembangkan ,” ujarnya .

Harapannya adanya perhatian lebih untuk kawasan ini kedepannya, terutama pengembangan wisata Goa Ngalau perlu peran semua pihak untuk mengembangkannya sehingga kedepannya ada usaha ekonomi masyarakat jika kawasan ini dikelola secara baik .

Check Also

Kodim 0301/Pbr Distribusikan Obat dan Vitamin Untuk Warga Isoman.

Pekanbaru, Babinsa Jajaran Kodim 0301/Pbr membagikan paket obat dan vitamin untuk pasien Covid-19 yang tengah …