Home / Berita Satuan / Tim Wasev Sopsad Mabesad Evaluasi Satuan Sigap Covid-19 Yonzipur 1/DD

Tim Wasev Sopsad Mabesad Evaluasi Satuan Sigap Covid-19 Yonzipur 1/DD

Kodam I/BB | Medan – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Sopsad Mabesad bidang Operasi Angkatan Darat yang dipimpin Spaban II Minops/Sopsad Kolonel Inf Endro Satoto, SIP, MM, SE, melakukan evaluasi Satuan Siaga Covid-19 Yonzipur 1/DD, Kodam I/BB.

Dalam evaluasi ini, Kolonel Inf Endro Satoto bersama rombongan juga melihat langsung Prajurit Yonzipur 1/DD dalam kegiatan simulasi penanganan Covid-19 yang digelar di Markas Yonzipur 1/DD, Jln Kapten Muslim, Medan Helvetia, Jumat (11/12/2020).

Keadatangan Kolonel Inf Endro Satoto disambut langsung oleh Danyonzipur 1/DD, Mayor Czi Renggo Yudi Ariesko, SE, beserta para Perwira.

Pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi dari Sopsad selama tiga hari di mulai tanggal 9 s.d 11 Desember 2020 dalam rangka melaksanakan pengawasan dan Evaluasi Satuan Sigap Covid–19 di wilayah Kodam I/BB khususnya di Yonzipur 1/DD.

Dalam pelaksanakan simulasi Satuan Sigap Covid-19 Yonzipur 1/DD, dilaksanakan dua kemapuan. Yaitu kemampuan bidang medis dan non medis.

Kemapuan bidang medis yaitu Protokol Covid-19 penanganan darurat, dukungan medis dan evakuasi. Sedangkan bidang non medis, yaitu social education, social tracking dan penyelenggara dapur lapangan serta protokol pemakaman.

Dalam sambutannya, Kolonel Inf Endro Satoto mengatakan puas dengan simulasi penanganan Covid-19 yang dilakukan personel Yonzipur 1/DD yang tergabung dalam Satuan Siaga Covid-19.

“Saya bangga melihat simulasi yang dilaksanakan Satuan Sigap Covid-19 Yonzipur 1/DD. Karena seluruh Prajurit mengerti fungsi dan tugas dalam penanganan Covid-19 ini,” ungkapnya.

Dikatakan Kolonel Endro Satoto, setiap satuan harus menyiapkan Satuan Sigap Covid-19. “Tujuan kita membentuk Satuan Sigap Covid-19 yaitu untuk mencegah penyebaran dan Cluster baru Covid-19 di lingkungan Asrama, sehingga TNI Angkatan Darat membentuk Satuan Sigap Covid di setiap satuan dari jajaran Korem hingga Satuan Batalyon,” urainya.

Kolonel Endro Satoto menambahkan, yang terpenting lagi tugas Satuan Sigap Covid-19 ini adalah untuk mengamankan satuan sendiri, baik itu Prajurit maupun keluarga besar, Persit dan anak-anak agar jangan sampai terpapar Covid-19.

“Selain mengamankan satuan sendiri, Satuan Sigap Covid-19 ini juga bisa dikerahkan untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayahnya,” pungkasnya.

Sumber: Yonzipur-1

Check Also

Serbuan Vaksinasi Gurindam 12 Kodim 0318/Natuna Korem 033/WP Menghadapi Pandemi Covid – 19

Natuna TNI dan Polri terus bahu membahu bersama seluruh elemen bangsa menghadapi pandemi COVID-19. Salah …