Home / Berita Satuan / Semarak HUT Ke-75 RI di Tapal Batas, Satgas Yonif 133/YS Gelar Aneka Lomba dan Nobar

Semarak HUT Ke-75 RI di Tapal Batas, Satgas Yonif 133/YS Gelar Aneka Lomba dan Nobar

Kodam I/BB | Batang Lupar – Semarak perayaan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di wilayah perbatasan RI-Malaysia diisi Satgas Pamtas Yonif 133/YS dengan menggelar aneka lomba dan nonton bareng (nobar) di Dusun Bakul, Desa Labian Ira’ang, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Rangkaian perlombaan dan nobar yang disajikan Satgas Yonif 133/YS merupakan wujud membangkitkan rasa cinta tanah air dan mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari belunggu dan tirani penjajahan.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, dari Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (18/8/2020).

Dansatgas menjelaskan, aneka lomba yang digelar tidak saja diikuti warga masyarakat bersama perangkat desa dari Dusun Bakul, Desa Labian Ira’ang dan Desa Mensiau, tetapi juga personel Satgas dari Pos Klawik yang dipimpin Sertu Resiko Andeska.

“Aneka perlombaan ini untuk mempererat tali silaturahmi antardesa dan sebagai sarana dalam pembinaan teritorial untuk mencapai kemanunggalan TNI dengan Rakyat khususnya diperbatsan RI-Malaysia,” ucap Letkol Hendra.

Begitu pula dengan nobar film perjuangan yang disajikan dilayar lebar. Menurut Letkol Hendra, bertujuan untuk mengingat jasa para pahlawan yang sudah bersusah payah mempertahankan NKRI dengan berkorban harta bahkan nyawa demi merebut kemerdekaan.

Kegiatan perlombaan digelar selama tiga hari. Dimulai pada Jumat, 14 Agustus 2020 yang melangsungkan pertandingan bola voli antardusun.

Berlanjut pada Sabtu, 15 Agustus 2020 dilangsungkan perlombaan kelereng sendok, makan kerupuk, ambil koin di jeruk bali, joged balon pasangan, bola dangdut daster putra, dan bola dangdut sarung putri.

Pada hari Minggu, 16 Agustus 2020, perlombaan yang dihelat adalah final bola voli antardusun, joged balon dewasa, lomba dayung sampan, dan panjat pinang.

“Sedangkan pada puncak peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI (Senin 17 Agustus 2020), dilangsungkan nonton bareng film perjuangan yang sekaligus sebagai waktu pembagian hadiah kepada para pemenang lomba,” jelas Letkol Hendra.

Warga masyarakat yang mengikuti aneka perlombaan dan nonton bareng ini mengaku sangat senang dan bangga dengan apa yang dilakukan Satgas Yonif 133/YS.

Warga juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang sudah lama tidak pernah lagi dihelat pada saat puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS yang sudah menggelar aneka lomba dan nobar HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini. Kegiatan seperti ini sudah lama tidak diadakan. Karenanya, warga Desa Labian Ira’ang dan Desa Mensiau sangat senang sekali dengan kehadiran bapak-baoak TNI di sini yang selalu memberikan hal-hal positif bagi kemajuan warga di wilayah perbatasan ini,” ungkap Kepala Desa Labian Ira’ang mengakhiri.

Check Also

Pastikan Batas Negara Aman, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa Laksanakan Patroli Patok

Kodam I/BB | Merauke – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Satgas Yonif …