Home / Berita Satuan / Sambut HUT Kodam I/BB, Korem 032/Wbr Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Sambut HUT Kodam I/BB, Korem 032/Wbr Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Kodam I/BB | Padang – Berbagai rangkaian kegiatan terus dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Kodam I/BB Ke 70, diantaranya Bakti Sosial (Baksos) donor darah, yang digelar secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam I/BB.

Komando Resor Militer 032/Wirabraja merupakan salah satu satuan jajaran Kodam I/BB yang turut menggelar kegiatan baksos donor darah, dimana pelaksanaannya dibuka langsung oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Video Conference (Vicon) dan dilaksanakan di Aula Sapta Marga Makorem bertempat Jl. Jenderal Sudirman No.29 Padang, pada Selasa (9/6/2020).

Donor darah ini diikuti sebanyak 112 orang pendaftar dari TNI-Polri dan masyarakat, yang pelaksanaannya akan dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan penanganan Covid 19.

Dalam sambutannya melalui Vicon, Mayjen TNI MS Fadhilah selaku Pangdam I/BB menyampaikan kegiatan donor darah ini digelar bekerjasama dengan PMI, merupakan rangkaian kegiatan Kodam I/BB dalam rangka menyambut HUT ke 70 yang jatuh nantinya pada tanggal 20 Juni 2020.

Situasi saat ini wabah Covid 19 sangat memprihatinkan kita semua, untuk itu pelaksanaan HUT nantinya tidak dilaksanakan secara besar besaran, tetapi mengarah kepada kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan, apapun itu bentuknya dalam membantu mengatasi pandemi ini, salah satunya donor darah.

“Donor darah ini merupakan salah satu sifat kemanusiaan, yang tidak mengenal suku, ras, agama, pekerjaan dan jabatan, dimana setetes darah sangat berarti bagi nyawa orang yang sedang membutuhkan”, ujar Pangdam I/BB.


Pada saat melaksanakan donor darah, Kasipers Korem 032/Wbr Kolonel Inf Jajang Kurniawan mengungkapkan dengan dilaksanakannya kegiatan donor darah ini, semoga bisa menjadi contoh dan mendorong masyarakat lainnya untuk lebih giat mendonorkan darah. Setetes darah yang disumbangkan bisa bermanfaat buat masyarakat yang membutuhkan, ungkap Kasipers Korem 032.

Selanjutnya, Dandenkesyah 01.04.04 Padang Letkol Ckm Yurizal menjelaskan donor darah ini diikuti oleh 112 pendaftar, setelah semua pendaftar dilakukan pengecekan kesehatan, namun ada beberapa orang yang tidak jadi mendonorkan darahnya, berhubung kondisi kesehatan tidak mendukung dan karena hal lainnya, sehingga yang bisa diambil darahnya hanya 76 orang, jelas Dandenkesyah 01.04.04.

Lebih lanjut, Serka Devis Arsya salah satu peserta yang sudah sering ikut donor menuturkan pelaksanaan donor darah secara rutin akan berguna untuk kesehatan, karena badan akan terasa lebih segar dan sirkulasi darah menjadi lancar, tuturnya Serka Devis.

Usai melaksanakan donor darah, salah satu personil dari Polri Aiptu Arjonis mengatakan kegiatan donor darah yang diselenggarakan Korem 032/Wbr, selain bermanfaat buat kesehatan diri sendiri, juga bisa bagi berguna bagi masyarakat yang membutuhkan, kata Aiptu Arjonis.

Seterusnya, pejabat Korem 032/Wbr dalam hal ini Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edy Nurhabad, Kasiter dan Kasipers Korem 032/Wbr juga turut ikut mendonorkan darahnya.

Turut hadir dalam kegiatan donor darah tersebut, Kasrem 032 Kolonel Inf Edy Nurhabad, Kasiter Kolonel Inf Budi Prasetyo, Kasi Intel Kolonel Kav Mukmin, Kasipers Kolonel Inf Jajang Kurniawan, Dandenkesyah 01.04.04 Padang Letkol Ckm Yurizal dan dari PMI Padang Dr. Ihdelia Johan. (Pen 032)

Check Also

Pastikan Batas Negara Aman, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa Laksanakan Patroli Patok

Kodam I/BB | Merauke – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Satgas Yonif …