Breaking News
Home / Berita Utama / RS. Tk II Putri Hijau Kodam I/BB Tekan Angka Kasus Covid-19

RS. Tk II Putri Hijau Kodam I/BB Tekan Angka Kasus Covid-19

Kodam I/BB | Medan – Rumah Sakit Tk II Putri Hijau Medan bersama Pendam I/BB melakukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan terhadap warga masyarakat pengguna lalu lintas di Jl. Putri Hijau Medan, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Jumโ€™at (18/12/2020) pagi.

Operasi yang bertujuan untuk menekan angka infeksi Virus Corona (Covid-19) di Kota Medan, Sumatera Utara ini dipimpin langsung Kepala RS Tk II Putri Hijau Medan, Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, SpKK-FINSDV bersama Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, MSi.

Dijelaskan Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, operasi ini untuk menyadarkan sekaligus sebagai upaya mengubah perilaku masyarakat agar lebih serius melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona.

Upaya itu antara lain dengan menerapkan 3M; yakni memakai masker saat beraktivitas di luar rumah atau di manapun, menjaga jarak aman dengan orang lain minimal 1,5 meter saat berada di keramaian, dan mencuci tangan pakai sabun selama 20 detik pada air mengalir.

“Tujuan utama operasi ini untuk menekan angka kasus pasien Covid-19 yang masih terus terjadi dengan cara menyadarkan warga agar lebih taat dalam mematuhi disiplin Protokol Kesehatan,” terang Kolonel Irsan.

Diakui Irsan, sampai saat ini, masih ada beberapa warga yang belum sadar akan bahaya virus corona. Indikatornya bisa dilihat dari masih adanya warga masyarakat yang belum sadar dalam memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dan kurang mengindahkan larangan berkumpul/berkerumun, serta menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

“Kondisi perilaku masyarakat seperti inilah yang mendorong kita bersama Kodim 0201/BS, Polrestabes Medan, dan Satpol PP Pemko Medan terus melakukan operasi penegakan protokol kesehatan. Dengan harapan masyarakat lebih sadar akan bahaya Covid-19 yang masih tetap mengancam,” ujarnya.

Terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, serta musim liburan sekolah di akhir Desember 2020 ini, Irsan berharap warga masyarakat Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

“Ini penting untuk keselamatan dan keamanan bersama dalam upaya menurunkan tingkat pandemi Covid-19 tidak hanya di Kota Medan, tetapi juga di Sumatera Utara,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi. Diutarakannya, Kodam I/BB bersama seluruh satuan jajarannya secara terus menerus dan berkesinambungan melakukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di berbagai tempat.

Operasi seperti ini tidak hanya di Kota Medan saja, tetapi juga di kota-kota lainnya di seluruh wilayah jajaran Kodam I/BB.

“Dengan operasi ini, kita harapkan perilaku masyarakat akan menjadi lebih taat dan patuh dalam menjaga kesehatan dan keselamatannya, sehingga kita semua tetap bisa produktif, namun aman dari paparan Covid-19,” pungkas Kolonel Zeni.

Kegiatan operasi ini dilaksanakan dengan cara-cara yang persuasif edukatif dan humanis. Warga masyarakat yang terjaring tidak mengenakan masker, diberi imbauan untuk memakainya serta diberikan masker secara gratis.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Prajurit Sejati Tidak Akan Menagis Karena Kematian, Ia Akan Menderita Karena Pengkhianatan dan Ketidak Setiaan

Simalungun – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, bersama Danpuslatpur Kodiklat TNI AD, Brigjen …