Home / Berita Satuan / Rindam I/BB Buka Penataran Kaderisasi Pertempuran Hutan Kodam I/BB TA. 2020

Rindam I/BB Buka Penataran Kaderisasi Pertempuran Hutan Kodam I/BB TA. 2020

Kodam I/BB | Pematangsiantar, (05/10/2020)Kabaglat Rindam I/BB Kol. Inf. Drs.Tomson Pangaribuan pimpin acara pembukaan Penataran Kaderisasi Pertempuran Hutan Kodam I/BB TA. 2020 di Lapangan Tenis Indoor A.H. Nasution Rindam I/BB.

Dalam Amanat Danrindam I/BB yang dibacakan Kabaglat Rindam I/BB, “Mengawali amanat ini, Saya selaku Danrindam I/BB maupun pribadi mengucapkan Selamat Datang di Mako Rindam I/BB kepada peserta penataran dan saya yakin masing-masing telah mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti dan mampu menyelesaikan penataran ini dengan penuh rasa tanggung jawab.
Sebagai mana kita ketahui bahwa pelaksanaan penataran Kaderisasi Pertempuran Hutan bertujuan untuk membekali Prajurit agar dapat menguasai dan mahir untuk melaksanakan materi Pertempuran Hutan baik sebagai pelatih dan pelaku di Satuan masing-masing sekaligus meningkatkan kemampuan Satuan pada pelaksanaan Operasi Perang Hutan guna mendukung tugas pokok Kodam I/BB.

Dalam penataran Kaderisasi pertempuran Hutan ini, para peserta akan diberikan berbagai bekal Ilmu pengetahuan Teknis dan Taktis menghadapi Gerilya di Hutan. Untuk itu penataran yang akan berlangsung selama Tiga Puluh Tujuh Hari harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta dengan sungguh-sungguh sehingga hasil yang dicapai bisa optimal dalam rangka mendukung tugas pokok Satuan di masa yang akan datang, secara perorangan maupun dalam hubungan Satuan sebagai sumber kekuatan utama dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Kita menginginkan agar Prajurit Kodam I/BB mahir dalam semua taktik pertempuran termasuk pertempuran di Daerah Hutan, oleh karena itu materi yang akan diberikan dalam penataran meliputi Teknik Infiltrasi dan Eksfiltrasi, Teknik dasar pertempuran, Ilmu Medan/Navigasi, Menembak Reaksi, Bobby Trap, Longmalap, Survival, Penimbunan Logistik Teknik Searchand Rescue, Pengetahuan Senjata Tradisional, Pengetahuan Drone, Komunikasi Radio serta Kerja Sama Pesawat Terbang.

Selanjutnya kepada para penyelenggara penataran Kaderisasi Pertempuran Hutan saya percayakan para Peserta Penataran untuk dilatih dengan baik dan benar sehingga terbentuk Prajurit yang Profesional sesuai bidang tugasnya, adakan pengawasan yang melekat dan evaluasi dengan baik sehingga hasil penataran dapat mencapai tujuan dan sasaran.

Diakhir Amanat Danrindam I/BB, “Saya sampaikan beberapa hal untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan penataran sbb.:

– Manfaatkan Penataran ini sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan olah keprajuritan dalam Perang Hutan.

– Ikuti semua petunjuk penyelenggara agar pencapaian sasaran penataran dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

– Hindari terjadinya pelanggaran dan perhatikan faktor keamanan baik Personel, Materil maupun Kegiatan selama dan sesudah penataran.

Turut hadir dalam acara tersebut Para Kabag, Katim Gumil, Wakatimtih, para Dansatdik, para Kadep , Dandenma, Danki Demlat dan Dokter Rindam I/BB.

Check Also

Optimalkan Pengamanan dan Keamanan, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Sawiyatami Laksanakan Sweeping

Kodam I/BB | Keerom – Untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas diperbatasan, Satgas Yonif …