Home / Berita Satuan / Ratifikasi meriam guna pelihara kemampuan alutsista satuan

Ratifikasi meriam guna pelihara kemampuan alutsista satuan

Kodam I/BB | Delitua, Selasa 18 Agustus 2020. Bertempat di garasi kendaraan Mako Yonarmed 2/105 Kilap Sumagan, Tim Asnik Paldam I/BB berjumlah 5 orang yang dipimpin oleh Kapten Cpl Agus melaksanakan ratifikasi meriam.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Tim Asnik Paldam guna pengecekan detail untuk mempersiapkan meriam yang akan melaksanakan latihan menembak. Karena dalam 1 kali siklus proglatsi Armed terdapat latihan menembak senjata berat dimana menggunakan munisi sesungguhnya, otomatis seluruh perlengkapan khususnya meriam itu sendiri wajib dipersiapkan.

“Tahun ini pelaksanaan bakjatrat dilaksanakan pada akhir bulan Agustus dengan menggunakan 6 pucuk meriam, demi menghindari kelalaian maupun kerugian personel materil selama latihan maka kita laksanakan ratifikasi ini agar meriam pun dapat diyakinkan kelayakannya untuk melaksanakan penembakan”. Ungkap Danyonarmed 2/105, Letkol Arm Hendrik setiawan S.E.

“Satuan kami selama ini melaksanakan latihan menembak senjata berat di Desa Sitabu, Kec Girsang Sipangan Bolon, Kab Simalungun, Sumatera Utara namun situasi daerah latihan selama ini terus mengalami perubahan dimana daerah ini merupakan termasuk daerah pemekaran untuk pariwisata sehingga mulai adanya pembangunan hotel maupun penginapan disekitar tempat latihan. Yang kami khawatirkan Armed jenis munisinya besar maka range ledakan pun luas”. Tambahnya.

Kegiatan ratifikasi meliputi pemeliharaan meriam dan perlengkapannya termasuk laras, gerak mundur kanon, alat bidik, rem, serta komponen kecil lainnya.

Check Also

Kodim 0209/LB Gelar Acara Tradisi Satuan, Penerimaan Personel Baru

LABUHANBATU. Untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap satuan, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan …