Home / Berita Satuan / Puncak HUT Ke-75 RI, Pos Kout Satgas Yonif 133/YS Laksanakan Upacara Bendera, Ziarah Nasional dan Lomba Rakyat

Puncak HUT Ke-75 RI, Pos Kout Satgas Yonif 133/YS Laksanakan Upacara Bendera, Ziarah Nasional dan Lomba Rakyat

Kodam I/BB | Ketungau Hulu – Pada puncak peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Pos Kout Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS menggelar upacara bendera, ziarah nasional dan hiburan berupa perlombaan rakyat.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, dari Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (18/8/2020).

Dansatgas menjelaskan, pelaksanaan upacara bendera diawali dengan pengibaran Merah-Putih pada Senin, 17 Agustus 2020 pagi bertempat di Lapangan Bola Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

“Setelah upacara pengibaran bendera Merah-Putih, acara dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada para Purnawirawan TNI/Polri dan Veteran yang ada di Kecamatan Ketungau Hulu,” ucap Dansatgas.

Selesai pembagian bingkisan, acara dilanjutkan dengan ziarah nasional ke TMP Dwikora di Desa Senaning.

Usai pelaksanaan ziarah, acara dilanjutkan dengan hiburan perlombaan rakyat. Yakni, balap karung anak-anak, bola joget ibu-ibu, tarik tambang bapak-bapak, dan panjat pinang remaja dan dewasa.

Acara lomba rakyat yang dimulai sekitar pukul 10.00 waktu setempat hingga berakhir pukul 15.30 dan langsung dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba.

“Selama perlombaan berlangsung, sangat terlihat antusiasme warga masyarakat perbatasan mengikuti setiap kegiatan. Mudah-mudahan kondisi ini akan semakin menanam rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme pada warga perbatasan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh dan solid,” harap Letkol Hendra.

Acara semarak peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat diakhiri dengan prosesi penurunan bendera Merah-Putih oleh pasukan pengibar bendera.

Turut hadir dalam rangkaian acara upacara bendera dan ziarah nasional ini, antara lain Camat Ketungau Hulu, Jamhur, SSos, MEC Dev, Danramil 05/Senaning, Mayor Inf Amri Marpaung, Wadan Satgas Pamtas Yonif 133/YS, Mayor Inf Jaya Sandana, Kapolsek Ketungau Hulu, AKP Fahri Gunawan, SH, para Kades se Kecamatan Ketungau Hulu, Purnawirawan TNI/Polri dan Veteran Kecamatan Ketungau Hulu.

Check Also

Danyonkav 6/NK Pimpin Acara Penyambutan Satgas Operasi Pengamanan Pulau Terluar

Kodam I/BB | Pada hari Selasa, tanggal 10 November 2020 Danyonkav 6/NK Mayor Kav Dani …