Home / Berita Utama / Pgs Kapendam I/BB: TMMD Ke-110 untuk Pacu Roda Ekonomi Desa Terpencil

Pgs Kapendam I/BB: TMMD Ke-110 untuk Pacu Roda Ekonomi Desa Terpencil

Kodam I/BB | Medan — Pengabdian TNI bukan hanya menjaga kedaulatan negara saja. Lebih dari itu, fungsi TNI ternyata juga bisa membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan bencana hingga untuk meningkatkan dan memacu roda perekonomian perdesaan di daerah terpencil.

Demikian dikatakan Pgs Kapendam I/BB, Letkol Inf Robinson Tallupadang dari Media Centre Kodam I/BB di Medan, Kamis (4/3/2021).

Pgs Kapendam menjelaskan, program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat ini telah bergulir untuk yang ke-110, merupakan atensi pimpinan TNI AD dalam upaya mengeleminir kesenjangan sosial masyarakat di desa.

Karena itu, program TMMD ke-110 yang mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, sangat diharapkan bisa membantu warga desa di wilayah terisolir, terbelakang, dan terpencil mendapatkan manfaat dari pembangunan infrastruktur guna perbaikan taraf perekonomiannya.

“Dengan program TMMD ini, tidak hanya membuktikan bahwa TNI ada dalam menjawab keinginan masyarakat di desa terpencil akan manfaat pembangunan, tetapi juga ekses dari pembangunan itu sendiri yang bisa memberi kesejahteraan bagi kehidupannya,” terang Letkol Robinson Tallupadang.

Oleh karena itu, Letkol Robinson sangat mengharapkan sinergi dari warga desa di daerah sasaran fisik dengan personel Satgas, sehingga progres pembangunan akan lebih cepat mencapai manfaat yang ditargetkan.

“Yang tak kalah pentingnya, rasa kebersamaan antara warga desa dengan personel Satgas dalam gotong royong, juga menjadi kata kunci untuk percepatan pemerataan pembangunan dalam kegiatan TMMD, sehingga jurang kesenjangan antara kota dengan desa tidak lagi berjarak,” urainya.

Hingga hari ketiga pasca dibukanya program TMMD ke-110 pada Selasa, 2 Maret 2021 kemarin, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas terus berjibaku merampungkan target pengerjaan sasaran fisik.

Kendala cuaca dan lokasi medan yang berat, dipastikan Robinson tidak akan menyurutkan niat Prajurit Sapta Marga untuk memberikan asa kehidupan sosial ekonomi yang lebih baik di masa depan.

“Prajurit TNI memang dibentuk dan ditempa untuk mengatasi kesukaran dan kesulitan yang dialami rakyat yang merupakan Ibu Kandungnya, terutama yang hidup di pedesaan melalui optimalisasi kegiatan fisik dan non fisik TMMD,” pungkas Letkol Robinson.

Untuk diketahui, saat ini Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan menggelar TMMD ke-110 TA 2021 di enam wilayah Kodim yang tersebar di empat provinsi. Yakni Kodim 0209/Labuhanbatu, dan Kodim 0213/Nias di Sumut, Kodim 0308/Pariaman dan Kodim 0319/Mentawai di Sumbar, Kodim 0313/Kampar di Riau, serta Kodim 0318/Natuna di Kepulauan Riau.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Bongkar Pasang Peralatan Perang di Dolok Panribuan

Simalungun – Perkuatan Satuan peleton peralatan siap bergabung guna mendukung kesiapan materiil satuan yang terlibat …