Home / Berita Satuan / Perjuangan Putra Putri Daerah Natuna dan Anambas Masuk Sekolah SMU Taruna Nusantara Di Magelang, Ini Kata Dandim.

Perjuangan Putra Putri Daerah Natuna dan Anambas Masuk Sekolah SMU Taruna Nusantara Di Magelang, Ini Kata Dandim.

Kodam I/BB | NATUNA – Perdana untuk putra daerah kabupaten Natuna dan Anambas,Provinsi Kepri berhasil lolos melalui jalur prestasi beasiswa masuk di SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama penuh yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

SMA Taruna Nusantara melalui yayasan Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara telah berhasil berdiri selama 26 tahun banyak menghasilkan generasi berkualitas, baik melanjutkan karir di Militer maupun non militer.

Dandim 0318 /Natuna, Letkol Asep Ridwan,sampaikan,setelah melewati ujian seleksi ketat,akhirnya berhasil lolos dua putra dari Natuna dan 1 putra serta 1 putri dari Anambas. Totalnya ada empat siswa kini masuk di SMA Taruna Nusantara melalui jalur prestasi beasiswa.

” Dari Natuna,Yoga Febrianto, SMPN 1 Ranai,Ayah Yuliono dan Ibu Maria selanjutnya Mohammed Mahda Elghiffary, SMPN 1 Ranai, Ayah Beni Rahadian dan Ibu Ernita Zahud. Dari Anambas,Yuda Noviansyah, Anambas,SMPN 2 Siantan. ayah Sudarman dan ibu Yulinda serta Nazwa Islami Fasha,Anambas, SMPN 3 Putik,ayah Subanendro (Anggota Lanal Tarempa) dan ibu Tati Hariati,” Terang Letkol Asep .(8/7)

Letkol Asep merupakan alumni SMA Taruna Nusantara ,menerangkan, di tahun ajaran 2020-2021, seleksi SMA Taruna Nusantara dilaksanakan dengan Sistem seleksi dari siswa yang memenuhi syarat. Dimana nilai akademis pelajaran matematika ,Bahasa Inggris, Ipa dan bahasa Indonesia minimal nilai 85 selama kelas 1,2 dan 3 saat di tingkat SMP, namun ada sedikit dispensasi yang diberikan oleh lembaga LPTTN, agar putra putri terbaik Natuna dan Anambas diberikan kesempatan untuk bertarung dengan putra putri terbaik secara nasional.

“Seharusnya, untuk mengikuti seleksi dari jalur prestasi beasiswa,rapot dari kelas I sampai kelas 3 SMP harus nilai 85 keatas,namun untuk Natuna diberikan dispensasi, untuk Natuna dari rangking I sampai 7 dan Anambas dari Rangking 1 sampai 5 secara global diseleksi Pemda bisa ikut tahapan seleksi SMA Taruna Nusantara,” Ujar Letkol Asep.

Letkol Asep juga menerangkan untuk masuk SMA Taruna Nusantara mempunyai banyak jalur,dalam hal ini, untuk Natuna dan Anambas wilayah Kepri melalui jalur prestasi beasiswa ,sementara untuk jalur umum tentunya mengeluarkan banyak uang, Uang Pangkal Rp. 40.000.000, Uang Komite Sekolah Rp. 1.000.000, Uang Iuran Sekolah Rp. 4.000.000 per bulan.

” Khusus Natuna Dan Anambas melalui Jalur prestasi,semua nya gratis,namun siswa harus mempertahankan nilai 80 tiap semester, apabila di bawah, beasiswanya dievaluasi kembali,” terang Dandim.

Lanjut Dandim,sekolah SMA Taruna Nusantara sudah swasta, menerapkan sekolah semi militer sebagai landasan dasar pembentukan karakter disiplin, namun kini Siswa yang yang menggunakan kaca mata dan ukuran badan dibawa rata rata pun juga bisa masuk SMA Taruna Nusantara,karena saat ini di prioritaskan hasil prestasi siswa.

Dandim berharap,untuk tahun selanjutnya para peminat SMA Taruna Nusantara di Natuna dan Anambas semakin tinggi animonya. sebagai penguasa teritorial Kabupaten Natuna dan Anambas juga meminta,khusunya di dunia pendidikan peran serta masing masing Pemda dalam memperjuangkan generasi muda dalam peningkatan Sumber Daya Manusia.

Kualitas SMA yang dicetuskan oleh Jenderal LB Moerdani ini memang pantas diacungi jempol. Apalagi sekolah yang terletak di Jawa Tengah ini menjadi institusi pendidikan setaraf SMA pertama yang dikunjungi oleh presiden Jokowi.

Check Also

Koramil 03/Sedanau Gelar Vaksinasi Gurindam 12 Untuk Masyarakat Umum Dari Berbagai Kalangan Usia

NATUNA– Koramil 03/Sedanau, jajaran Kodim 0318/Natuna menggelar lanjutan vaksinasi Gurindam 12 dengan menyasar masyarakat umum. …