Home / Berita Utama / Perayaan HUT ke 70 Kodam I/BB Tahun 2020

Perayaan HUT ke 70 Kodam I/BB Tahun 2020

Kodam I/BB | Medan – Kesederhanaan, kebersamaan, dan kekeluargaan harus menjadi pedoman bagi Prajurit Kodam I/Bukit Barisan dalam setiap melaksanakan tugas-tugasnya.

Hal ini harus dipahami dan dihayati karena merupakan salah satu ciri khas tema HUT ke-70 Kodam I/BB tahun 2020 ini.

Oleh karena itu, marilah kita jabarkan tema HUT kali ini dengan wujud tindakan dan hasil karya nyata di lapangan, sehingga Kodam I/BB senantiasa menjadi kebanggaan rakyat.

Demikian penegasan dan harapan Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah saat menyampaikan pidato puncak peringatan HUT ke-70 Kodam I/BB di Balai Prajurit Makodam I/BB, Senin (22/6/2020).

Pangdam menerangkan, di tengah pandemi Covid-19, maka puncak peringatan HUT kali ini sengaja tidak diselenggarakan secara besar-besaran, dan dilakukan dengan video conference ke seluruh satuan jajaran Kodam I/BB di empat provinsi.

“Selamat Ulang Tahun. Salam hormat dan bangga saya kepada seluruh jajaran yang telah membantu program pemerintah dalam mengatasi kesulitan rakyat di tengah pandemi Covid-19. Tetap jaga kesehatan demi kelancaran pelaksanaan tugas pokok yang lebih baik ke depannya,” ucap Pangdam.

Pati TNI AD lulusan Akmil 1988 ini mengingatkan kepada seluruh Prajurit Kodam I/BB di manapun berada dan bertugas, agar senantiasa berbuat yang terbaik kepada bangsa, negara dan rakyat Indonesia, serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas tugas, pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan kepada Kodam I/BB, dan TNI Angkatan Darat.

“Tanamkan selalu dalam diri masing-masing, bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini,” terang Pangdam.

Jenderal bintang dua yang pernah menjabat Kapuspen TNI itu menerangkan, dalam kurun waktu 70 tahun pengabdiannya, Kodam I/BB selalu berupaya menampilkan karya nyata yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, terutama dalam menjaga stabilitas keamanan, mengawal dan mengamankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari peran serta para pendahulu dan sesepuh yang telah menyumbangkan darma baktinya kepada Kodam I/BB. Untuk menghargai jasa-jasa mereka, mari kita doakan semoga darma bakti mereka menjadi amal ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Di samping itu, kita bisa mewarisi nilai-nilai kejuangan mereka guna memperbaharui semangat pengabdian kita di usia yang ke-70 tahun Kodam I/BB,” papar Mayjen Fadhilah.

Diakhir arahannya, Pangdam menegaskan bahwa Kodam I/BB tetap dalam tekadnya untuk mewujudkan kekuatan dan kemampuan yang hebat, andal, profesional, mencintai dan dicintai rakyat guna menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI dalam rangka mengawal kepentingan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam kesempatan ini, Pangdam bersama Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Trisasanti MS Fadhilah juga memberikan penghargaan kepada Prajurit dan Persit Berpretasi. Yakni, Praka Wilman D Pasaribu (Prajurit Yonif 121/MK) yang meraih banyak prestasi dalam olah raga marathon, dan Ibu Persit KCK atas nama Hj Dahliawati (istri dari Mayor Inf Masniar HS/Pamen Pendam I/BB) yang sukses mendirikan YP MIS dan MTs Maura El Mumtaz di Kelurahan Binjai Selatan, sekaligus juara II MTQ tingkat Kodam I/BB tahun 2016-2017.

Masih di waktu yang sama, Pangdam juga menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba video komsos kreatif untuk kategori TNI/Polri kepada Serda Eko Wing T Sinaga (Operator Korem 022/PT), dan kategori umum kepada ibu Roslina (Kepala SMPN 3 Sibolga).

Pemenang lomba video inspiratif kepada Letkol Inf Dadang Alex, SSos (Dandim 0211/TT), pemenang lomba Binter Terbaik kepada Letkol Inf Santoso (Dandim 0209/LB), penyerahan kunci RTLH kepada bapak Syarif, dan bantuan tali asih kepada Pratu Gilang Alfajar (TA Babinminvetcaddam I/BB).

Dalam acara yang tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan cegah Covid-19 ini, turut hadir Kasdam I/BB, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, Kabalakdam I/BB, serta Danyon BS Wilayah Medan, dan Ketua Persit KCK PD I/BB dan pengurus.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Pangdam I/BB Bersama Gubsu dan FKPD Sumut Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020

Medan – Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, bersama Gubsu dan unsur FKPD …