Home / Berita Utama / Pangdam Pimpin Ziarah Peringatan HUT Ke-70 Kodam I/BB di TMP Bukit Barisan

Pangdam Pimpin Ziarah Peringatan HUT Ke-70 Kodam I/BB di TMP Bukit Barisan

Kodam I/BB | Medan – Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin langsung acara ziarah rombongan para PJU Kodam I/BB dan Persit KCK PD I/BB di TMP Bukit Barisan, Jln Sisingamangaraja Medan, Kamis (18/6/2020).

Ziarah yang dilangsungkan dengan penerapan Disiplin Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 ini dalam rangka memeringati HUT ke-70 Kodam I/BB pada 20 Juni mendatang.

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para pahlawan, hening cipta dan tabur bunga di pusara para Kusuma Bangsa.

Yakni Letjen (Purn) Raja Inal Siregar (Gubsu periode 1988-1998), Mayjen (Purn) Marah Halim Harahap (Gubsu periode 1967-1978), Mayjen (Purn) Ricardo Manik Y Siahaan (Kostranas), Brigjen (Purn) A Azis Siregar, Brigjen (Purn) H Abdul Manat Lubis (Pangdam II/BB periode 1961-1963), Brigjen (Purn) H Syafiar, Brigjen (Purn) MT Situmeang (Ka Milti Kowilhan 1), Kapten Inf Anumerta Sugiyanto (Danramil II Simpang Muling Kodim 0103), dan Praka Miklis serta Pratu Muliadi.

Seluruh rangkaian kegiatan dipimpin langsung Pangdam Mayjen Fadhilah dengan didampingi Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Trisasanti MS Fadhilah, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, Irdam, Kapok Sahli Psngdam, para PJU Kodam I/BB dan pengurus Persit KCK PD I/BB lainnya.

Selesai acara tabur bunga, Pangdam menjelaskan, kegiatan ziarah ini merupakan tradisi di lingkungan Prajurit TNI, termasuk dalam rangka memeringati ulang tahun satuan.

“Ziarah ini selain untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan, juga sebagai bentuk refleksi rasa hormat dan bangga dari para Prajurit TNI saat ini, bahwa kita bisa ada karena perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih dari para pendahulu,” jelas Mayjen Fadhilah.

Selain itu, lanjut Pati TNI AD lulusan Akmil 1988 ini, ziarah juga menjadi sarana bagi Prajurit untuk mencontoh semangat perjuangan dari para pendahulu yang rela mengorbankan nyawa sekalipun demi tetap berkibarnya Merah Putih.

“Dengan semangat pantang menyerah yang telah dicontohkan para pahlawan, maka sebagai Prajurit TNI wajib untuk terus menumbuhkembangkannya guna dijadikan bekal dalam mengatasi hambatan dan tantangan tugas di masa depan,” ungkap jenderal bintang dua mantan Kapuspen TNI itu.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama Pangdam bersama Ketua Persit KCK PD I/BB dengan seluruh PJU Kodam I/BB yang hadir.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Pangdam I/BB Bersama Gubsu dan FKPD Sumut Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020

Medan – Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, bersama Gubsu dan unsur FKPD …