Home / Berita Utama / Pangdam I/BB hadiri Paparan Gubernur Riau kepada Panglima TNI dan Kapolri tentang Karhutla teraktual di Prov. Riau

Pangdam I/BB hadiri Paparan Gubernur Riau kepada Panglima TNI dan Kapolri tentang Karhutla teraktual di Prov. Riau

Kodam I/BB | Riau – Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menghadiri Paparan Gubernur Riau kepada Panglima TNI dan Kapolri tentang Karhutla teraktual di Prov. Riau pada Rabu 12/2/2020

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan kunjungan kerja ke Pekanbaru, Riau dalam rangka melakukan pengecekan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara jenis Boeing 737, rombongan berangkat dari base ops, Halim Perdanakusuma, Jakarta dan mendarat di Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin.

Kemudian rombongan bergerak dari Lanud Roesmin Nurjadin menuju ke posko relawan karhutla Provinsi Riau. Relawan Karhutla itu terdiri dari beberapa unsur seperti Tagana, SAR, ormas-ormas serta asosiasi para pengusaha kelapa sawit.

Posko terpadu tersebut dipergunakan Untuk memantau Ataupun mengakses perkembangan karhutla terupdate, Posko terpadu ini juga Yang nantinya juga Akan dijadikan Contoh terhadap Daerah-daerah lainnya.

Mulai bulan Februari 2020 ini provinsi Riau sudah mulai menghadapi musim kemarau ekstrim dengan durasi yang lebih panjang

Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan ingin mengecek langsung kesiapan pemerintah daerah khususnya provinsi Riau dalam menghadapi hal-hal yang akan terjadi nantinya.ucap Panglima TNI

Usai meninjau posko terpadu Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI akan melakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama Gubernur Riau dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) terkait bagaimana teori hinga teknis penanganan Karhutla Secara tertutup.

Setelah menerima Paparan Panglima TNI dan Kapolri juga tekankan upaya pencegahan Karhutla dan memerintahkan Danlanud Pekan Baru untuk melaksanakan photo udara bila terdapat titik api secara real time.

 

Panglima TNI juga Telah melaporkan kepada Presiden untuk mengerahkan kembali pesawat TNI AU untuk mengupayakan hujan buatan yang dapat mengisi embung-embung atau sekat air baik yang telah tersedia maupun yang sedang dibuat oleh satuan kewilayahan secara sinergi.

Disini Kapolri juga tekankan tentang upaya penindakan hukum terhadap pelaku pembakaran lahan dan hutan.

Lebih Lanjut Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan meninjau Posko Relawan Karhutla di Anjungan Indragiri Hilir, Purna MTQ Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.Posko yang digagas Polda Riau ini dilengkapi dengan aplikasi Dasboard Lancang Kuning yang bisa mendeteksi titik api hingga bisa cepat dilakukan pemadaman, Dimana posko ini juga baru saja diresmikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

Tampak hadir pada acara tersebut Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Riau, Pangdam I/BB, Kapolda Riau, Danrem 031/WB, Kajati Riau serta pejabat Forkopimda lainnya.

Sumber : Pendam I/BB

Check Also

Danrem 032/WBR: “Aksi Untuk Sumbar”

Kodam I/BB | Padang – Pada 26 Januari merupakan hari bersejarah bagi jajaran Korem 032 …