Home / Berita Utama / Pangdam I/BB Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Beri Pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri se Wilayah Kepri

Pangdam I/BB Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Beri Pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri se Wilayah Kepri

Pulau Galang – Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah turut mendampingi Panglima TNI, Marsekal TNI DR (HC) Hadi Tjahjanto, SIP, dan Kapolri, Jenderal Pol Drs Idham Aziz, MSi, dalam memberi pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri se wilayah Kepri di Desa Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/3/2020).

Sejumlah pejabat penting lainnya juga turut menyertai Panglima TNI dan Kapolri. Di antaranya, Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo, Pangkogabwilhan I, Laksdya TNI Yudo Margono, Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Kepri, Kapolda Kepri, Danrem 033/WP, Danlanud Raden Sadjaad dan PJU TNI-Polri wilayah Kepri.

Dalam pengarahannya, Panglima TNI menegaskan, TNI dan Polri bersama seluruh komponen bangsa lainnya sedang mempersiapkan operasi kemanusiaan di Pulau Galang, termasuk rencana pembangunan rumah sakit khusus untuk menangani wabah Virus Corona atau Covid-19 oleh Pemerintah atau instansi terkait.

Panglima TNI juga menjelaskan bahwa Pulau Galang adalah salah satu tempat ideal yang nantinya akan dibangun satu rumah sakit khusus, yaitu rumah sakit yang memiliki fasilitas sebagai observasi dan fasilitas isolasi.

“Tempatnya sangat ideal karena berada di tengah hutan. Jarak dengan penduduk kurang lebih 2-3 km dan kalau ada pasien yang harus dikirim dari luar negeri maupun dari wilayah Indonesia, kapanpun bisa sampai di tempat ini, karena Pulau Galang memiliki bandara yang bisa didarati oleh pesawat kecil maupun pesawat berbadan lebar,” jelas Panglima TNI.

Pulau Galang adalah suatu tempat yang memang telah ditakdirkan menjadi satu kawasan dalam rangka operasi kemanusiaan. Sejarah telah mencatat bahwa sejak tahun 1979 sampai 1996, Pulau Galang khususnya di Desa Sijantung menjadi tempat pengungsi Vietnam dan merupakan suatu bentuk operasi kemanusiaan yang pertama kali dilakukan.

Panglima TNI memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI-Polri agar segera melaksanakan kegiatan pengamanan, baik di jalur menuju Pulau Galang maupun pengamanan di wilayah yang akan dibangun rumah sakit, sehingga target pembangunan akan tercapai dan fasilitas akan segera tersedia.

“Diharapkan rumah sakit ini dapat segera dioperasionalkan untuk menampung para WNI yang akan melakukan observasi dan isolasi, agar bisa sembuh dengan baik dan keluar dari Pulau Galang dengan selamat,” pungkas Panglima TNI.

Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Yayasan Budha Tzu Chi Medan serahkan 10.000 Paket Sembako ke Kodam I/BB

Medan – Kodam I/Bukit Barisan Menerima Bantuan sembako Penanganan Covid 19 dari Yayasan Budha Tzu …