Home / Berita Utama / Pangdam I/BB : Bangsa yang besar adalah Bangsa yang bisa menghargai jasa para Pahlawannya

Pangdam I/BB : Bangsa yang besar adalah Bangsa yang bisa menghargai jasa para Pahlawannya

Kodam I/BB  | Medan – Prajurit TNI dari tiga Matra di wilayah Kota Medan sekitarnya melaksanakan ziarah nasional di TMP Bukit Barisan, Jln Sisingamangaraja Medan, Jumat (2/10/2020).

Upacara ziarah nasional dalam rangka menyambut HUT ke-75 TNI tahun 2020 di TMP Bukit Barisan ini dipimpin Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, sebagai Inspektur Upacara.

Kegiatan upacara turut dihadiri Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas III, , Kasdam I/BB, serta para PJU tiga matra (AD, AL, AU) dan perwakilan Polda Sumut , Dandim 0201/BS, Letkol Inf Agus Setianda.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pangdam I/BB, dan dilanjutkan dengan penghormatan secara militer kepada seluruh arwah para pahlawan yang ada di TMP Bukit Barisan serta peletakan karangan bunga.

Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke pusara para pahlawan, satu di antaranya pusara Letjen TNI (Purn) Alm H Raja Inal Siregar yang terakhir menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Di kesempatan ini, Pangdam kepada awak media menjelaskan, ziarah ini dilakukan selain untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, juga untuk memanjatkan doa dan sebagai tradisi yang harus dilestarikan dan dipupuk untuk dilanjutkan oleh generasi berikutnya.

Dikaitkan dengan pennyambutan HUT Ke-75 TNI tahun 2020 ini, Pangdam berharap dari pelaksanaan ziarah ini akan terbentuk jiwa Prajurit Patriotisme yang menghargai jasa para Pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga bersama Rakyat dan mewariskan sifat luhur ,kesatria serta rela berkorban, hal ini sebagai modal wujud kekuatan,menambah percaya diri guna menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

“Dengan pelaksanaan ziarah ini, kita memberi contoh teladan kepada generasi muda yang menjadi masa depan bangsa untuk tidak melupakan sejarah. Bahwa bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh sampai saat karena pengorbanan yang tanpa pamrih dari para pendahulu. Karenanya, kegiatan ziarah seperti ini sangat positif untuk diteruskan agar generasi berikutnya tidak lupa akar sejarah bangsanya,” pungkas Pangdam.

Kegiatan ziarah yang tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 ini diakhiri dengan sesi foto bersama oleh para pejabat TNI dari tiga marta bersama anggota Polri.

Turut serta dalam kegiatan ini, Ketua dan pengurus Persit KCK PD I/BB serta jajaran, Ketua Jalasenastri Lantamal I Belawan, Ketua PIA Ardya Garini Kosekhanudnas III Medan bersama para pengurus masing-masing.

Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Kapendam I/BB Dorong Satgas TMMD 109 Jadi Pelopor Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan di Pedesaan

Medan – Di hari kedua pembangunan infrastruktur pedesaan, seluruh personel Satgas TMMD ke 109 di …