Home / Berita Utama / Pangdam Beri Pengarahan Dansatgas TMMD Ke-108 Wilayah Kodam I/BB Melalui Vidcon

Pangdam Beri Pengarahan Dansatgas TMMD Ke-108 Wilayah Kodam I/BB Melalui Vidcon

Kodam I/BB | Medan – Pangdam Mayjen TNI MS Fadhilah memberi pengarahan kepada para Dansatgas TMMD ke-108 TA 2020 di wilayah Kodam I/Bukit Barisan, Selasa (9/6/2020).

Pengarahan melalui video conference (Vidcon) ini diberikan Pangdam dari Ruang Puskodalops Lt IV Makodam I/BB kepada para Dansatgas TMMD di wilayah Kodim 0203/Langkat, Kodim 0211/Tapanuli Tengah, Kodim 0301/Pekanbaru, Kodim 0303/Bengkalis, Kodim 0307/Tanah Datar, Kodim 0316 Batam, serta TMMD Imbangan di wilayah Kodim 0314/Inhil.

Pangdam menjelaskan, kegiatan TMMD ini bersifat lintas sektoral, dan dapat terselenggara berkat adanya sinergitas antar-instansi, khususnya Pemda, TNI dan stakeholder terkait lainnya.

“Oleh karenanya perlu dipahami, diperkuat serta diimplementasikan di lapangan, guna mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” ucap Pangdam.

Pangdam juga mengingatkan kepada para Dansatgas untuk senantiasa menjaga faktor keamanan dan kesehatan seluruh anggota Satgas dan masyarakat di daerah sasaran, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Lakukan langkah-langkah pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam setiap tahap penyelenggaraan TMMD ini, sehingga anggota Satgas dan masyarakat aman serta terhindar dari wabah Covid-19,” urainya.

Selain itu, Pangdam juga meminta dilakukan pengaturan jumlah pekerja secara bergiliran untuk memudahkan penerapan pembatasan fisik di tempat kerja.

Kemudian, menghindari berkumpul dalam jumlah banyak, dan apabila merasa tidak sehat, segera melaksanakan karantina mandiri atau melapor kepada tenaga kesehatan pada kesempatan pertama.

Selanjutnya, Pangdam juga meminta pengerjaan sasaran fisik dilakukan dengan baik dan tuntas, tepat waktu serta tepat kualitas.

“Sasaran fisik sangat diharapkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mendorong tumbuh kembangnya usaha-usaha masyarakat di bidang ekonomi,” papar Mayjen Fadhilah.

Begitu juga dengan sasaran non fisik. Mayjen Fadhilah berharap hasilnya akan mampu membangun dan meningkatkan kesadaran serta pemahaman masyarakat sesuai materi yang diberikan.

“Salah satu materi penting yang harus diberikan adalah sosialisasi dan edukasi tentang wabah Covid-19, serta pendisiplinan masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan,” tegas Mayjen Fadhilah.

Hal penting lainnya yang diingatkan Mayjen Fadhilah adalah, para Dansatgas agar memanfaatkan momentum TMMD ini sebagai ajang membangun semangat gotong-royong di tengah masyarakat.

Karena itu, Mayjen Fadhilah meminta agar sedapat mungkin mengurangi penggunaan alat berat terhadap sasaran fisik yang bisa dikerjakan secara bergotong-royong.

“Khusus penggunaan dana, saya ingatkan agar dikelola dengan baik, tepat sasaran, dan tertib administrasi,” tegasnya.

Terakhir, Pati TNI AD lulusan Akmil 1988 ini mendorong para Dansatgas untuk menyosialisakan dan memublikasikan pelaksanaan TMMD di wilayah masing-masing dengan tetap menghormati adat istiadat serta kearifan lokal masyarakat setempat.

Turut mendampingi Pangdam, antara lain Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, para Asisten Kasdam I/BB, Kapendam I/BB dan sejumlah PJU Kodam I/BB lainnya.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Asops Kasdam I/BB Melalui Vidcon : Laksanakan Fitnes di Masa Pandemi Covid-19

Medan – Asisten Operasi Kasdam I/BB (Asops) Kolonel Inf Kristomei Sianturi, S.Sos.,M.Si (Han)., melalui Video …