Home / Berita Satuan / Optimalkan 3T Covid-19, RST Putri Hijau Medan Terima Mobil Lab BSL-2 dari BPPT

Optimalkan 3T Covid-19, RST Putri Hijau Medan Terima Mobil Lab BSL-2 dari BPPT

Medan – Untuk mengoptimalkan tindakan 3T (Testing, Tracing, dan Treating) Covid-19 di wilayah Sumatera Utara, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI menghibahkan mobil laboratorium Bio Safety Level-2 kepada Rumah Sakit TNI Putri Hijau Medan, Jumat (16/10/2020).

Mobil lab BSL-2 yang mampu memeriksa 1.000 spesimen dalam 24 jam ini, diserahkan langsung oleh Kepala BPPT RI, DR Ir Hamman Riza Yusuf, MSc, kepada Kepala RST Putri Hijau Medan, Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, SpKK.

Acara penyerahan yang dilakukan di Lapangan RST Putri Hijau Medan ini turut disaksikan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, didampingi sejumlah Perwira Staf Pendam I/BB, serta Dandim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP.

Dijelaskan DR Ir Hamman Riza Yusuf, MSc, mobil lab BSL-2 ini merupakan hasil inovasi para insinyur BPPT RI yang peruntukkannya untuk optimalisasi 3T Covid-19.

“Di RST Putri Hijau Medan ini, pelaksanaan 3T sudah berjalan, dan untuk lebih mengoptimalkan hasilnya, maka kita bantu dengan Mobil Lab BSL-2 ini,” kata Hamman.

Mobil Lab BSL-2 ini, lanjut Hamman, merupakan unit ketiga yang diserahkan BPPT RI kepada sejumlah pihak.

Yang pertama kepada RS Ridwan Meuraksa Jakarta, kemudian RST Putri Hijau Medan, dan unit ketiga kepada RS Pertamina Palembang

Hamman berharap, dengan hadirnya Mobil Lab BSL-2 ini, maka upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Sumatera Utara bisa lebih dipercepat.

“Ini (Mobil Lab BSL-2) adalah unit pertama yang berada di luar Jawa, dan diharapkan akan semakin menambah kapasitas pelaksanaan 3T yang dilakukan pihak RST Putri Hijau Medan,” pungkas Hamman.

Kepala RST Putri Hijau Medan, Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, SpKK, mengaku sangat berterima kasih kepada BPPT RI yang telah mempercayakan pihaknya untuk menerima Mobil Lab BSL-2 ini.

“Ini akan menjadi dorongan semangat bagi kami sebagai insan kesehatan untuk meningkatkan daya perlawanan terhadap Covid-19 khususnya di jajaran Kodam I/BB wilayah Sumatera Utara,” ucap Kolonel Irsan.

Hal senada disampaikan Dandim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP. Ia berharap, kehadiran Mobil Lab BSL-2 ini akan menambah kualitas kinerja Gugus Tugas Sumatera Utara dalam melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19.

“Kami sebagai bagian dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara sangat mengapresiasi BPPT RI atas hibah Mobil Lab BSL-2 ini. Semoga, dengan kebersamaan semua pihak, pandemi Covid-19 ini bisa segera kita atasi,” ujarnya.

Sementara, Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, menegaskan, operasional Mobil Lab BSL-2 ini akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk tahap pertama, akan diarahkan kepada Prajurit TNI se Garnizun Kota Medan, dan tahap berikutnya kepada warga masyarakat sipil dengan menggandeng Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara,” ungkap Zeni.

Usai acara penyerahan bantuan Mobil Lab BSL-2 ini, Kepala BPPT RI, Kepala RST Putri Hijau Medan, Kapendam I/BB serta Dandim 0201/BS bersama Perwira Staf lainnya melakukan Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 di Jalan Putri Hijau Medan.

Dalam kegiatan ini, sejumlah pengguna lalu lintas yang tidak mengenakan masker, diberhentikan untuk diberikan peringatan, dan imbauan.

“Kegiatan Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 ini adalah rutinitas kita dari jajaran Kodam I/BB bersama Polri dan Satpol PP untuk mendisiplinkan warga masyarakat dalam mematuhi 3M Protokol Kesehatan. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun,” terang Zeni.

Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Cegah Corona, Satgas Zidam I/BB Fokus Gelar Operasi Pendisplinan Prokes di Kecamatan Helvetia

Medan – Untuk membantu Pemerintah Kota atau Pemko Medan, dalam hal penanganan dan pencegahan penyebaran …