Home / Berita Satuan / Minimnya Tenaga Medis, Satgas Yonif Raider 100/PS Turun Lapangan Berikan Pelayanan Kesehatan

Minimnya Tenaga Medis, Satgas Yonif Raider 100/PS Turun Lapangan Berikan Pelayanan Kesehatan

Keerom-Tenaga medis yang sangat minim di daerah perbatasan menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat yang kurang paham akan kondisi kesehatan pribadi serta bagaimana cara pengobatan atas penyakit yang dideritanya. Pada kesempatan tersebut Pos Wambes mengambil langkah dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kampung Suskun, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Sabtu,(26/12/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Satgas Yonif Raider 100/PS Letda Ckm dr. Teguh Pratikto mengatakan bahwa melalui kegiatan ini, diharapkan kehadiran Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS dapat membantu Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke pelosok wilayah perbatasan, mengingat akses pelayanan kesehatan yang terbatas dan kondisi ekonomi masyarakat yang kurang mampu menjadikan Posko Kesehatan Satgas Yonif Raider 100/PS menjadi salah satu alternatif. “Tim kesehatan kami selalu standby untuk menangani masyarakat yang sakit sehingga tidak perlu jauh jauh ke puskesmas.” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Wadansatgas Yonif Raider 100/PS Kapten Inf M Nurdin menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan anggotanya merupakan bagian dari rutinitas seluruh Jajaran Satgas Yonif Raider 100/PS disamping tugas pokok nya menjaga perbatasan, juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat. “Disela kegiatan menjaga perbatasan, kita sisipkan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya disektor utara ini,”ujarnya.

Sementara itu, Danpos Wambes Letda Inf Alan Mahendra mengatakan pihaknya ingin menjamin kualitas kesehatan Warga Kampung Suskun sehingga dapat terpelihara dengan baik dan masyarakat selalu hidup sehat. “Kita laksanakan secara door to door agar kita bisa pastikan siapa yang butuh perhatian khusus dan siapa yang hanya mendapatkan perawatan ringan, maka dari itu kami turun langsung ke rumah-rumah warga,”katanya.

Satu diantara warga setempat, Bapak Thomas (62) mengapresiasi kegiatan personel Satgas tersebut, menurutnya kegiatan yang dilakukan Pos Wambes yang dipimpin langsung oleh Sertu Adiksyawanto beserta 7 anggotanya melaksanakan secara door to door tersebut merupakan kegiatan yang tepat sasaran, dan dapat memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Kampung Suskun. “Jika kegiatan ini rutin dilaksanakan, saya yakin kualitas kesehatan masyarakat disini akan terus meningkat,”ujarnya.

Check Also

Tim Pokja Kajian Strategis Sahli Kasad Bidang Sosbud Kumham dan Narkoba Puldata di Yonarhanud 11/WBY

Binjai – Tim Pokja Kajian Strategis Sahli Kasad Bidang Sosbud Kumham dan Narkoba Kol. Inf …