Home / Berita Satuan / Lawan Corona, Satgas Yonif 133/YS Sebar Ribuan Masker di Wiltas

Lawan Corona, Satgas Yonif 133/YS Sebar Ribuan Masker di Wiltas

Kodam I/BB | Kapuas Hulu – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/Yudha Sakti terus melancarkan gerakkan melawan penyebaran Virus Corona di wilayah perbatasan (Wiltas).

Salah satunya dengan membagikan ribuan masker hand made (buatan tangan) kepada warga masyarakat wilayah binaan di Desa Badau Hilir, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, dalam press releasenya dari Badau Hilir, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (26/4/2020).

Dijelaskan Dansatgas, ada sekitar 5000 helai masker yang telah dibagikan kepada warga di wilayah perbatasan.

“Dengan memakai masker, kita harapkan warga bisa terlindungi dari Virus Corona, dan tentunya akan semakin meningkatkan kesadarannya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri,” jelasnya.

Letkol Hendra menambahkan, pembagian ribuan masker buatan tangan ini, menjadi momen spesial bagi seluruh personel Yonif 133/YS yang memeringati HUT ke-59 pada 22 April 2020.

“Karena itu, di saat semua kita dalam keprihatinan, personel Yonif 133/YS tetap semangat membuat masker sebagai kado HUT satuannya kepada warga di wilayah perbatasan. Terima kasih kepada seluruh anggota Satgas khususnya pos perbatasan jajaran SSK 1 (Pos Mentari, Pos Perumbang, Pos Seriang, Pos Keladan, Pos Kapar, dan Pos Klawik) yang tetap antusias dalam kegiatan sosial pembuatan dan pembagian masker di tengah wabah Covid-19 ini,” ungkap Letkol Hendra.

Ditegaskan Letkol Hendra, di samping tugas pengamanan wilayah perbatasan RI-Malaysia sesuai UU No.34/2004 tentang TNI, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS juga memiliki kewajiban pembinaan teritorial dan pembangunan kualitas SDM di wilayah perbatasan, sehingga tercipta Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Di tempat terpisah, Danki SSK-1, Lettu Arh Deni Cahyo menjelaskan, salah satu implementasi pembinaan teritorial Satgas Yonif 133/YS di wilayah perbatasan adalah memberikan edukasi tentang pencegahan penyebaran Virus Corona melalui pemberian masker.

“Karena mendapatkan masker cukup sulit di wilayah perbatasan ini, makanya kita berinisiatif membuat sendiri. Diharapkan dengan masker ini, warga di wilayah perbatasan ini bisa terhindar dari infeksi Virus Corona yang sampai kini masih mewabah,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Danpos Keladan, Serka DE Damanik. Dijelaskannya, masker yang selesai dikerjakan oleh personel, kemudian dibagikan secara gratis kepada warga dan pengguna jalan yang melintasi Pos Satgas Yonif 133/YS.

“Pembagian masker ini sebagai wujud bakti TNI Satgas Yonif 133/YS kepada warga masyarakat di wilayah tugas, dan sebagai upaya untuk memperkokoh tali silaturahmi yang baik, dengan cara membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat di tapal batas, sesuai poin 8 wajib TNI,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun di Desa Kapar, Lawan (48), menyampaikan apresiasi luar biasa kepada TNI dari Satgas Yonif 133/YS. “Kami ucapkan terima kasih kepada TNI yang terus memberi perhatian dan perlindungan kepada warga, terutama di tengah wabah Virus Corona seperti saat ini,” ucapnya.

Check Also

KODIM 0306/50 KOTA TERIMA KUNJUNGAN TIM DALPROG KODAM I/BUKIT BARISAN

Lima Puluh Kota —Bertempat di Ruang Data Makodim 0306/50 Kota, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav …