Home / Berita Utama / Korem 032/Wbr bersama Kelompok Tani Limutu Kab Solok Panen Raya Padi Untuk Tingkatkan Ketersediaan Pangan

Korem 032/Wbr bersama Kelompok Tani Limutu Kab Solok Panen Raya Padi Untuk Tingkatkan Ketersediaan Pangan

Kab. Solok – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Korem 032/Wbr bersama jajaran melalui Kodim 0306/Solok, Koramil dan para Babinsa yang terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah setempat dan masyarakat setempat untuk meningkatkan hasil pertanian dalam rangka ketahanan pangan terlebih dalam situasi pandemi Covid 19.

Kodim 0309/Solok bersama kelompok tani melaksanakan panen raya yang dihadiri oleh Komandan Korem Brigjen TNI Arief Gajah Mada di Nagari Guguak Sarai bersama Bupati, Kapolres dan Forkopimda Kab Solok.

Panen raya yang diawali dengan sekapur sirih dari Wali Nagari DT Endah Bungsu menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya atas kedatangan seorang Jenderal di wilayahnya, dan disampaikan bahwa lahan sawah di Nagari Guguk Sarai seluas 35 hektar dengan hasil 6.5 ton perhektarnya Insya Alloh bisa mencukupi ketahanan pangan selama Covid 19, lebih lanjut ia berharap batuan dari Pemda setempat agar dapatnya dilakukan perbaikan irigasi.

Bupati Kab Solok Gusmal SE menyampaikan bahwa Kabupaten Solok memiliki tiga zona yaitu zona Utara memiliki hasil pertanian perikanan dan kerambah ikan bilih, zona tengah menghasilkan lumbung padi terbaik dengan lahan seluas 23.000 hektar dengan kwalitas premium dan untuk Zona Selatan menghasilkan hortikultura seperti bawang kentang dan sayuran. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kab Solok adalah merupakan salah satu daerah lumbung pangan di Sumatera Barat.

Sedangkan Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada menyampakan rasa terimakasihnya kepada Dandim, masyarakat dan Forkopimda yang telah menyiapkan kegiatan ini. Program ketahanan pangan merupakan salah satu program TNI di bidang teritorial untuk menjaga ketahanan pangan. Ketahanan pangan ini merupakan ketersediaan ketahanan pangan dimana semua elemen harus ikut bekerja untuk menjaga kestabilannya dimana harus memperhatikan perairan dan hama sehingga kwalitas padinya dapat terjaga. Mengakhiri sambutannya Komandan Korem tidak lupa terus mengingatkan kepada warga agar tetap menegakkan disiplin protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, rajin cuci tang dan menjaga jarak.

Usai melaksanakan panen secara bersama sama dengan pejabat forkopimda dilanjutkan pemberian bantuan pupuk dan sembako kepada kelompok tani.

Hadir dan mengikuti panen raya ini Bupati Solok, Kapolres, Kasiren Korem, para Kasi Kasrem, Dandim 0309/ Solok, wali nagari dan masyarakat sekitar. (Penrem032).

Check Also

Kapendam I/BB: TMMD Sarana Satgas Implementasikan 8 Wajib TNI

Kodam I/BB | Medan – Personel yang terlibat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) …