Home / Berita Satuan / Kodim 0309/Solok Gelar Sosialisasikan P4GN dan Test Urine

Kodim 0309/Solok Gelar Sosialisasikan P4GN dan Test Urine

Kodam I/BB | Solok – Di Tengah situasi pandemi Covid-19 tetap dengan protokol kesehatan, Kodim 0309/Solok menggandeng Klinik Wirabraja Kodim 0309/Solok melaksanakan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) semester I TA. 2021 bertempat di Aula Makodim 0309/Solok Jl. A. Yani No. 1 Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Senin (12/7).

Sosialisasi P4GN, Kodim 0309/Solok melalui Seksi Intelijen digelar dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diikuti 50 orang prajurit.

Dalam sambutan pembukaannya Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo,S.Sos.,M.I.Pol., saat pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini merupakan kegiatan program yang dilakukan secara rutin, dimana kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba maupun obat-obatan terlarang bagi Prajurit TNI dan PNS khususnya anggota Kodim 0309/Solok.

Menurutnya, pelaksanaan sosialisasi P4GN sangat perlu diikuti oleh semua anggota Kodim 0309/Solok agar dapat memahami serta diimplemantasikan dalam tugas dengan baik sehingga bisa bekerja sama dengan instansi terkait dalam rangka pencegahan dan peredaran Narkoba.

”Kegiatan P4GN sangat penting, maka semua anggota wajib mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga bisa terhindar dari yang namanya Narkoba dan keluarga kita juga terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba,” tegas Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, dengan adanya kegiatan penyuluhan tentang bahaya Narkoba dan tes urine secara acak bisa memberikan gambaran bahwa akibat pemakaian Narkoba bisa mengakibatkan fatal bagi diri kita, bisa diberhentikan dari dinas dan keluarga kita menjadi rusak. maka dari itu kita dan keluarga hindari dari penyalahgunaan Narkoba.

“Jauhi Narkoba baik untuk diri sendiri maupun keluarga karena mengakibatkan fatal”

Mengakhiri sambutanya, Dandim 0309/Solok menyampaikan pandemi Covid-19 belum selesai bahkan sekarang di Sumatera Barat sudah masuk Covid-19 varian Delta, untuk itu tetap jaga kesehatan dan yang paling penting jangan pernah bosan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, agar kita semua terhindar dari penyebaran Covid-19. Pungkasnya.

Pemberi materi Sosialisasi dr. Lisbet Rimelti Debataraja dari Klinik Wirabraja menyampaikan, salah satu hal yang sejak dulu menjadi permasalahan dalam masyarakat dan membutuhkan perhatian khusus adalah penyalahgunaan obat-obatan.

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya. Selain narkoba, sebutan lain yang menunjuk pada ketiga zat tersebut adalah Napza yaitu Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Istilah napza biasanya lebih banyak dipakai oleh para praktisi kesehatan dan rehabilitasi.

Akan tetapi pada intinya pemaknaan dari kedua istilah tersebut tetap merujuk pada tiga jenis zat yang sama.Narkotika merupakan musuh besar Negara, karena dapat merusak generasi muda kita termasuk di wilayah Kodim 0309/Solok.

Usai kegiatan sosialisasi P4GN, perwakilan anggota Kodim 0309/Solok dan jajaran melakukan test urine secara acak yang dilakukan oleh RST Tk IV Solok.

Sementara itu, Perwira Seksi Intelijen Kodim 0309/Solok Lettu Czi Jon Erikson mengungkapkan, ” dari hasil pemeriksaan tes urine secara acak terhadap 30 orang personel Kodim 0309/Solok yang mengikutinya, Alhamdulillah seluruh hasilnya Negatif. Dalam artian, anggota Kodim 0309/Solok tidak terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba,” pungkasnya

Check Also

Koramil 03/Sedanau Gelar Vaksinasi Gurindam 12 Untuk Masyarakat Umum Dari Berbagai Kalangan Usia

NATUNA– Koramil 03/Sedanau, jajaran Kodim 0318/Natuna menggelar lanjutan vaksinasi Gurindam 12 dengan menyasar masyarakat umum. …