Home / Berita Satuan / Kodim 0301/Pekanbaru Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme.

Kodim 0301/Pekanbaru Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme.

Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme digelar Kodim 0301/Pbr dengan tema “Meneguhkan Toleransi Mencegah Radikalisme/Separatisme” yang dilaksanakan di Lapas kelas II A Pekanbaru Jalan. Lembaga Pemasyarakatan No.19 Kecamatan Sail kota Pekanbaru. Senin, 06 September 2021.

Dalam Sambutannya Dandim 0301/Pbr Kolonel Inf Muh Musafag mengatakan, Maksud dan tujuan mengapa kita harus tahu dan mengerti tentang akibat bahaya dari separatisme dan radikalisme adalah agar kita dapat mengantisipasi dan mencegah secara dini apabila akan muncul hal-ha ataupun gerakan yang mengarah kepada kegiatan radikalisme maupun separatisme, jadi sangatlah penting bagi kita semua memahami dan mengerti apa yang di maksud dengan radikalisme maupun separatisme.

Dengan kita mengerti dan memahami tentang bahaya tersebut maka kita akan dapat menyaring dan mencegah setiap kegiatan ataupun gerakan yang mengarah ke hal tersebut, saya selaku Komandan Kodim 0301/Pbr berpesan kepada seluruh peserta tamu dan undangan yang hadir dalam acara ini agar kita jangan pernah percaya terhadap ajakan maupun janji-janji yang memecah keyakinan dan ideologi pancasila yang akan menjurus kepada disintegrasi bangsa yang memecah belah persatuan antar suku, budaya, ras dan agama karena itu tidak sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika yang berbeda tetapi tetap satu (NKRI) sesuai dengan UUD 1945.

Maka dengan demikian sangatlah penting bagi kita untuk memberikan pemahaman tentang bahaya radikalisme maupun separatisme yang kita kenal dengan Deradikalisasi, dan juga wajib bagi kita untuk secara dini mengantisipasi dilingkup terkecil yaitu lingkup keluarga kita terlebih dahulu, kemudian rekan khususnya dan seluruh elemen komponen warga negara Indonesia baik itu ditingkat lokal maupun seluruh wilayah NKRI pada umumnya.

Sehingga generasi mendatang akan menjadi generasi bangsa yang bisa dibanggakan serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, kuat dan mampu menangkal semua bentuk ancaman persatuan dan kesatuan NKRI. Karena masa depan bangsa kita sangat membutuhkan patriotisme yang handal, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi paham-paham yang tidak sesuai dengan norma-norma serta budaya kita.

Saya mengharapkan kegiatan ini selain untuk memupuk sinergitas antar instansi terkait dengan TNI juga untuk menjadikan kedekatan antara aparat teritorial dengan komponen bangsa dan komposisi masyarakat lainnya sehingga tercipta kerjasama yang kuat dan tidak akan mudah terpengaruh terhadap paham-paham yang akan merusak bangsa ini.

Saya mengajak kita semua disini untuk berperan serta aktif dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan guna menangkal mencegah serta mengantisipasi permasalahan bangsa kita saat ini yang kita ketahui bersama masih dalam pandemi Covid-19.

Dandim mengimbau kepada semua yang hadir, agar berperan serta meningkatkan disiplin masyarakat di sekitar lingkungan masing-masing untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. tutup Dandim.

Kegiatan dilanjutkan Pemberian Materi Wawasan Kebangsaan ideologi Pancasila dan wawasan keagamaan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kalapas Kelas II A Pekanbaru Heri Suhasmin, Bc. IP.,SH.,MH., Wakil Ketua FKPT Provinsi Riau Bpk. Eka putra, ST., M.Si., Kesbangpol Pekanbaru Bpk. Zulfahmi Adrian Ap., M.Sc., Kapolsek Bukit Raya diwakili AKP Nur Hidayati, Danramil 05/Sail Kapten Arh Sugeng Santoso, Camat Bukit raya Bpk. Wahyu Idris, Camat Sail Bpk. Fachrudin Panggabean, S.Sos., M.Ap, Kaur Komsos Lettu Arh Iswandi, Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas 11 A Pekanbaru, Perwakilan Menwa dari Unilak Pekanbaru, Perwakilan Mahasiswa Unri.

Check Also

Sinergitas TNI Babinsa Kepulauan Anambas dan Masyarakat dalam Gotong Royong

Natuna-Anambas Anggota Koramil Babinsa Serda Samsul Fahri bersama masyarakat melaksanakan Melaksanakan Goro bersama warga RT …