Home / Berita Satuan / Kodim 0201/BS Gelar Donor Darah untuk membantu stock darah PMI.

Kodim 0201/BS Gelar Donor Darah untuk membantu stock darah PMI.

Kodam I/BB | Medan – Kodim 0201/ BS , Kodam I/ BB melaksanakan bakti sosial donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan bertempat di Makodim 0201/BS Jalan Pengadilan No.8 Kec, Petisah Tengah, Medan Petisah.( Senin 06 April 2020)

Situasi saat iniYang diakibatkan perkembangan virus Covid- 19 berimbas pada semakin menipisnya persediaan stock darah di PMI, hal ini disikapi dengan positif oleh Kodim 0201/ BS, dengan niat membantu dengan ikhlas persedian darah yang semakin menipis tersebut, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa membantu kekurangan darah yang ada saat ini dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat atau yang membutuhkan .

Prosedur yang dilakukan antara lain,Sebelum masuk ruangan, peserta donor darah mencuci tangan di air mengalir dengan mengunakan sabun antiseptik, pemeriksaan suhu badan, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan tidak berkerumun serta mengatur waktu masuk ke ruangan donor secara bergiliran.

Dikatakan Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J. Sinaga, kegiatan Donor Darah yang dilakukan pada Senin (6/4) tersebut merupakan realisasi atas permintaan PMI kota Medan karena minimnya stok darah yang ada, hal ini karena akibat pandemi penyebaran wabah Covid-19 yang terjadi saat ini.

Sehubungan dengan adanya imbauan dari Pemerintah untuk mengurangi aktivitas berkumpul ramai dan mengisolasi diri di rumah telah membuat kegiatan donor darah mulai berkurang. Hal ini pun lantas membuat pasokan darah yang ada menjadi semakin berkurang. Apalagi menurut laporan, stok darah di beberapa wilayah di Indonesia semakin menipis di masa wabah virus corona saat ini.

“Kami melakukan donor darah untuk mengantisipasi dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 ini , pemeriksaan dalam kegiatan ini dilakukan secara khusus dan ketat yang berbeda dari hari-hari biasa,” terangnya

“Mendonorkan darah merupakan satu tindakan yang mulia karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan’, ujar Roy Hansen

Pada kesempatan tersebut kapendam I/ BB Kolonel inf Zeni djunaidi SSos,MSi menyampaikan bahwa Kegiatan donor darah yang kita lakukan ini merupakan rangkaian dalam tujuan untuk membantu PMI menyiapkan ketersediaan darah untuk membantu masyarakat Kota Medan dimana saat ini stok PMI yang mulai menipis akibat pemberlakuan Social Distance pandemic Corona.

Manfaat donor darah juga meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, tubuh kamu pun terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar, ujar Kapendam.

Pentingnya untuk diketahui bagi para pendonor bahwa saat terjadi wabah virus Corona maupun tidak sedang terjadi, kegiatan donor darah memang tidak dilakukan sembarangan, yang menjadi prioritas utama Palang Merah adalah keselamatan pendonor, karyawan, pekerja sukarela dan penerima darah. Bahkan saat ini pun belum ada bukti jika virus tersebut bisa ditularkan melalui transfusi darah.

Kegiatan donor darah yang diselenggara kan pada hari ini , terkumpul sebanyak 84 kantong darah,

Bagi pendonor tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya ditengah pandemi ini, sebab PMI sudah memiliki protokol dan Standar Oprasional Prosedur (SOP) untuk melakukan donor ditengah pandemi.

“Kami menjamin bagi yang akan donor darah dengan aman, karena sesuai SOP yang diberlakukan,” kata Dandim kembali.

“Kami harap bisa mengajak masyarakat yang sudah biasa melakukan donor untuk kembali donor karena prosedur donor ditengah pandemi itu aman. Terlebih sebentar lagi menghadapi bulan puasa yang juga sering terjadi krisis darah,” tuturnya.

Sumber : Pendam I/ BB

Check Also

Kapendam I/BB: Pengabdian TNI Buat Rakyat Tidak akan  Berhenti Meski TMMD Telah Selesai

Medan – Pengabdian TNI untuk mensejahterakan rakyat di pedesaan dengan melakukan percepatan pemerataan pembangunan sarana …