Home / Berita Utama / Kependam I/BB: Jadikan TMMD Ke-109 Kodim 0210/TU Sarana Pengabdian untuk Negeri

Kependam I/BB: Jadikan TMMD Ke-109 Kodim 0210/TU Sarana Pengabdian untuk Negeri

Humbahas – Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada seluruh personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0210/Tapanuli Utara saat mengambil apel di lokasi sasaran fisik di Desa Marpadan, Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sabtu (10/10/2020) pagi.

Kapendam I/BB sengaja menyambangi lokasi TMMD ke-109 Kodim 0210/TU ini, selain untuk melihat langsung progres pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur pedesaan yang dikerjakan, juga untuk memastikan penerapan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 dijalankan oleh personel Satgas TMMD bersama warga masyarakat dalam setiap tahapan pekerjaan.

“Terima kasih kepada seluruh personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU yang sudah bekerja dengan tulus dan ikhlas selama ini. Saya berharap, ketulusan dan keikhlasan ini akan semakin menebalkan semangat kita sebagai Prajurit Sapta Marga, Prajurit Pejuang dan Tentara Rakyat dalam Pengabdian untuk Negeri,” kata Kolonel Zeni.

Kehadiran Kolonel Zeni di lokasi turut didampingi Dansatgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU, Letkol Czi Roni Agus Widodo, Kapenrem 023/KS, Mayor Arh Kelles Sinaga, Kapolsek Tarabintang (diwakili), unsur Muspika Tarabintang, dan tokoh masyarakat setempat.

Kolonel Zeni menjelaskan, sesuai tema TMMD ke-109 kali ini, yaitu ” Mengabdi untuk Negeri”, maka optimalisasi pencapaian pembangunan infrastruktur pedesaan yang dikerjasamakan TNI dengan kementerian dan lembaga terkait, harus benar-benar mencapai target sasaran, yakni membantu pemerintah di daerah melakukan percepatan pemerataan pembangunan di pelosok desa.

“Oleh karena itu, perlu sinergi yang solid untuk mewujudkan tujuan TMMD ini. Baik itu sinergi di antara Korps Prajurit TNI, dengan Polri, aparatur pemerintahan, hingga komponen masyarakat lainnya, sehingga totalitas pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang dilakukan benar-benar sebagai wujud Pengabdian untuk Negeri,” urai Kolonel Zeni.

Hal lain yang juga menjadi perhatian Kolonel Zeni untuk Satgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU adalah soal penerapan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19.

Pamen TNI AD lulusan Akmil 1993 ini sangat berharap, prosedur dan langkah-langkah pencegahan penyebaran Virus Corona, tetap diutamakan serta dijalankan tanpa kompromi oleh seluruh personel Satgas dengan pengawasan ketat dari Dansatgas.

“Tegakkan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 secara totalitas kepada anggota Satgas, dan terus lakukan edukas serta sosialisas secara persuasif dan humanis kepada semua elemen masyarakat, sehingga tercipta gerak bersama dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona ini,” ujar Kolonel Zeni.

Dalam kesempatan yang sama, Kolonel Zeni juga menerima penjelasan dari Dansatgas mengenai pelaksanaan sasaran kegiatan fisik dan non fisik di TMMD ke-109 Kodim 0210/TU ini.

Untuk sasaran fisik, meliputi pembuatan jalan sepanjang 5000 meter dengan lebar 6 meter, pembuatan gorong-gorong sebanyak tiga unit, pembuatan jembatan sementara satu unit serta perehapan satu unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan berbagai bidang yang tujuannya untuk meningkatka sumber daya manusia (SDM) masyarakat desa menjadi lebih mandiri dan tangguh, khususnya dalam mengatasi masalah perekonomiannya di tengah situasi wabah Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini.

Sebelum menyudahi kegiatan peninjauannya, Zeni berpesan agar seluruh personel Satgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU tidak melupakan ibadah dan selalu mengawali kegiatan dengan doa, sehingga mendapat perlindungan dan kelancaran dalam bekerja dari Tuhan Yang Masa Kuasa.

Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Kapendam I/BB Dorong Satgas TMMD 109 Jadi Pelopor Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan di Pedesaan

Medan – Di hari kedua pembangunan infrastruktur pedesaan, seluruh personel Satgas TMMD ke 109 di …