Home / Berita Satuan / Kapendam I/BB: TMMD Ke-109 Kodim 0210/TU Wujudkan Pertahanan Negara yang Bersifat Semesta

Kapendam I/BB: TMMD Ke-109 Kodim 0210/TU Wujudkan Pertahanan Negara yang Bersifat Semesta

Medan – Pembangunan jalan penghubung antar-dua desa yang dikerjakan Satgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU, tidak saja untuk membuka akses transportasi dan memperlancar distribusi hasil pertanian, tetapi juga berhasil menyatukan elemen masyarakat menjadi sebuah kekuatan dalam balutan semangat gotong royong.

Demikian disampaikan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, merespon pelaksanaan TMMD ke-109 Kodim 0210/TU dari Media Centre Pendam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (1/10/2020).

Kegiatan TMMD ke-109 Kodim 0210/TU digelar di Desa Sihastoruan dan Desa Marpadan, Kecamatan Tarabintang, Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan).

Dalam pengerjaan sarana infrastruktur pedesaan di program TMMD ke-109 Kodim 0210/TU ini, kebersamaan dan kekompakkan personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas, menjadi pendorong tumbuhnya semangat masyarakat untuk ikut berperan aktif dan berjuang bersama-sama mempercepat pembangunan yang dilakukan.

Proses pembangunan infrastruktur pedesaan di TMMD ke-109 Kodim 0210/TU ini memberikan banyak manfaat. Mulai dari terbinanya silaturahmi antara TNI-Polri dan masyarakat yang semakin padu, sampai kepada menyatukan seluruh elemen masyarakat dari dua desa dalam semangat gotong royong.

“Kondisi ini jelas sangat menggembirakan kita (TNI). Karena bersatunya warga masyarakat justru semakin menambah kekuatan sistem pertahanan negara Indonesia yang bersifat semesta,” terang Kolonel Zeni.

Semangat pantang menyerah dan niat tulus yang diperlihatkan personel Satgas TMMD dalam melangsir material di medan yang sulit dilalui karena licin, menjadi penggugah jiwa nasionalisme warga masyarakat untuk ikut membantu.

Tak hanya kaum bapak yang ikut berpartisipasi, kaum ibu dari Desa Sihastoruan dan Desa Marpadan juga tak ketinggalan.

Dengan semangat luar biasa dan kerelaannya, warga ikut menyumbangkan tenaganya untuk memperlancar proses melangsir material. Warga pun tak menyoalkan jika sejenak harus meninggalkan pekerjaan mengolah sawah atau ladang miliknya.

Bahkan, warga juga tak segan-segan menurunkan traktor sawah (Jetor) miliknya untuk membantu Satgas melangsir material ke lokasi pekerjaan sasaran fisik TMMD ke-109 Kodim 0210/TU.

“Esensi pelaksanaan TMMD berupa terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat seperti inilah yang memang diharap-harapkan, sehingga kondisi ini menjadi refresentasi dari perwujudan tema TMMD, yaitu ‘TMMD Pembangunan untuk Negeri’,” ungkap Kolonel Zeni.

Sementara, dari laporan Dansatgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU, Letkol Czi Roni Agus Widodo bahwa saat ini telah menyelesaikan pembangunan gorong-gorong dua di Desa Sihastoruan, Kecamatan Tarabintang, Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Satgas TMMD ke-109 Kodim 0210/TU dibantu warga dan juga personel Polsek Parlilitan, tanpa mengenal lelah, saling bahu membahu melangsir material sehingga mempercepat pelaksanaan pembuatan gorong-gorong dua tersebut,” ungkap Dansatgas.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Wujud Belasungkawa, Satgas Yonif Raider 100/PS Bantu Proses Pemakaman Warga Kp. Wonorejo

Kodam I/BB | Keerom – Sebagai wujud belansungkawa terhadap warga binaan diperbatasan RI-PNG yang terkena …