Home / Berita Satuan / Kapendam I/BB : TMMD Imbangan Kodim 0208/Asahan Ajang Bagi Satgas Tumbuhkan Kreativitas Warga Desa

Kapendam I/BB : TMMD Imbangan Kodim 0208/Asahan Ajang Bagi Satgas Tumbuhkan Kreativitas Warga Desa

Medan – Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan Kodim 0208/Asahan, Korem 022/Pantai Timur di Kota Tanjung Balai, diharapkan menjadi sarana bagi personel Satgas untuk menumbuhkan kreativitas warga di lokasi sasaran.

Hal ini disampaikan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, dalam keterangan tertulisnya di Media Centre Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (19/3/2020).

“Sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, tidak kalah penting dengan pelaksanaan sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur. Karena, hasil sasaran non fisik tidak bisa dilihat sekarang, namun ke depan akan dapat mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat desa dalam mengangkat kualitas kehidupan yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtera, serta mampu mandiri,” papar Kolonel Zeni.

Oleh karena itu, lanjutnya, sangat penting untuk membangun koordinasi yang baik dengan instansi terkait, sehingga pemateri dalam kegiatan penyuluhan tidak didominasi oleh TNI.

“Kita harapkan, hal ini menjadi perhatian Dansatgas TMMD Imbangan Kodim 0208/Asahan TA 2020 kreativitas maupun inovasi yang dikembangkan di daerah sasaran akan memberikan nilai tambah,” urai Pamen TNI AD lulusan Akmil 1993 ini.

Untuk diketahui, TMMD Imbangan Kodim 0208/Asahan TA 2020 dilaksanakan di Kelurahan Gading dan Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai.

Waktu pelaksanaan TMMD Imbangan Kodim 0208/Asahan ini pada Triwulan I TA 2020 yang bersamaan dengan pelaksanaan TMMD reguler ke-107 TA 2020 yang untuk wilayah Kodam I/BB digelar di enam Kodim.

Dari laporan Dansatgas, Letkol Inf Sri Marantika Beruh diketahui rincian pelaksanaan kegiatan TMMD Imbangan Kodim 0208/Asahan TA 2020. Yakni:

Sasaran fisik berupa :
– Pembuatan tembok penahan tanah (turap)
Kelurahan Gading.
– Pembuatan jeembatan beton Kelurahan Pahang,
Kelurahan Gading.
Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan, meliputi mitigasi bencana, pelayanan publik, bahaya teroris, bela negara, wawasan kebangsaan, KB kesehatan, peternakan, Kamtibmas, bahaya narkoba, pertanian, lingkungan hidup, hukum, toleransi beragama, pendidikan, dan sosialisasi penerimaan Prajurit TNI.

Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Kapendam I/BB: Pengabdian TNI Buat Rakyat Tidak akan  Berhenti Meski TMMD Telah Selesai

Medan – Pengabdian TNI untuk mensejahterakan rakyat di pedesaan dengan melakukan percepatan pemerataan pembangunan sarana …