Home / Berita Satuan / Kapendam I/BB Harapkan Satgas TMMD ke-109 Ikut Bangkitkan Semangat Warga Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Kapendam I/BB Harapkan Satgas TMMD ke-109 Ikut Bangkitkan Semangat Warga Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Kodam I/BB | Medan – Selain sosialisasi penegakkan disiplin Protokol Kesehatan yang terus digencarkan, Satgas TMMD ke-109 TA 2020 di wilayah enam Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan juga diharapkan ikut mendukung program ketahanan pangan nasional dengan cara mengajak warga memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif, sehingga bisa menopang perekonomian keluarga di tengah kelesuan ekonomi akibat dampak pandemi Virus Corona (Covid-19) saat ini.

Harapan ini disampaikan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, dari Media Centre Pendam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (7/10/2020).

Kapendam menjelaskan, ketahanan pangan menjadi syarat stabilitas politik dan pelaksanaan pembangunan suatu negara. Pentingnya pangan tidak hanya pada level individu atau masyarakat. Ketersediaan bahan pangan yang cukup, bisa memengaruhi kondisi suatu negara, termasuk stabilitas perkembangan ekonomi.

“Maka dari itu, ketahanan pangan menjadi salah satu hal yang harus diraih oleh Indonesia di tahun-tahun yang akan datang, sebab bisa mempengaruhi seluruh operasional negara,” jelas Kapendam.

Dengan menggandeng dinas pertanian pemerintahan di wilayah TMMD ke-109 jajaran Kodam I/BB dilaksanakan, Kapendam mengaku optimis bahwa ketersediaan pangan di tingkat masyarakat awam akan terpenuhi dengan baik, sehingga tidak saja menjadi penopang ekonomi keluarga, tetapi juga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat desa yang lebih berkualitas.

“Tanpa individu berkualitas, pembangunan di negara kita tidak akan bergerak. Oleh sebab itu, ketahanan pangan menjadi syarat stabilitas politik dan keamanan dalam pelaksanaan pembangunan di negara kita, khususnya di wilayah pedesaan,” ungkap Kolonel Zeni.

Seperti kegiatan penyuluhan pertanian yang digelar Satgas TMMD ke-109 Kodim 0302/Inhu, Korem 031/WB, Kodam I/BB.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Indragiri Hulu itu, sangat diapresiasi Kolonel Zeni. Karena pesertanya melibatkan elemen masyarakat sekitar lokasi TMMD, hingga perangkat Desa Kerubung Jaya, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Dari laporan Dansatgas TMMD ke-109 Kodim 0302/Inhu yang diterima Kolonel Zeni, diketahui bahwa tujuan dari penyuluhan pertanian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani Desa Kerubung Jaya sebagai rangkaian sasaran kegiatan Non fisik TMMD.

“Pelaksanaan penyuluhan pertanian ini, diharapkan warga masyarakat di Desa Kerubung Jaya bisa menambahkan kemampuan dan keterampilan bertani, sehingga secara simultan akan meningkatkan hasil pertanian, memberi pengetahuan tentang bercocok tanam, serta meningkatkan kesejahteraan para petani,” pungkas Kolonel Zeni.

Sumber: Pendam I/BB

Check Also

Cegah Covid-19, Bekangdam I/ BB Gelar Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan Dengan Forkopicam Medan Amplas Dan Direksi Bus ALS

Medan – Dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19, Satuan Perbekalan Angkutan Kodam …