Home / Berita Utama / Jasdam I/BB Gelar Kesamaptaan Jasmani Periodik Semester II Bagi Prajurit Kodam I/BB

Jasdam I/BB Gelar Kesamaptaan Jasmani Periodik Semester II Bagi Prajurit Kodam I/BB

Medan – Dalam rangka pembinaan fisik prajurit Kodam I/BB agar selalu dalam kondisi sehat dan bugar maka Jasdam I/BB melaksanakan test kesamaptaan Jasmani periodik semester II kepada prajurit Makodam I/BB dilapangan Jasmani Militer I/BB.

Hal ini dikatakan Kepala Jasmani Kodam I/BB (Kajasdam I/BB) Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P. saat usai meninjau Pelaksanaan test kesamaptaan jasmani periodik semester II personel Kodam I/BB yang dibagi beberapa gelombang dilapangan Jasdam I/BB Jalan Gaperta Medan, Kamis (8/10/2020).
Untuk satuan Batalyon BS pelaksanaan test kesamaptaan jasmani dilaksanakan di masing-masing satuan, hal ini juga menjadi perhatian Kajasdam dengan mengirimkan personil Jasdam I/BB ke tiap- tiap satuan untuk melaksanakan Asistensi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurut Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P. bahwa di masa pandemi Covid-19, dalam Pelaksanaan test kesamaptaan jasmani selalu berpedoman pada Protokol Kesehatan.

Selaku satuan yang diberi amanah, Jasdam I/BB berfungsi sebagai badan pelaksana Kodam I/BB yang bertanggung jawab dalam bidang Jasmani yang salah satu tugasnya membina kesamaptaan dan kebugaran prajurit. Karena kesamaptaan yang baik dan kebugaran yang prima bisa menjadi tolak ukur bahwa seorang prajurit tersebut sehat dan mampu melaksanakan tugas sehari-hari dan tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks, sehingga banyak nilai-nilai di Jasdam I/BB ini yang bisa difungsionalkan secara optimal, termasuk fungsi yang terkait rekruitmen calon prajurit TNI AD.

Untuk memperoleh dan mempertahankan kondisi fisik para Prajurit agar selalu dalam keadaan sehat dan bugar diperlukan pelaksanaan test kesamaptaan jasmani secara periodik tiap semester secara rutin, sehingga para prajurit siap digerakan dalam bertugas, ujarnya.

Pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani ini meliputi kesegaran “A” yakni tes lari selama 12 menit, tes Kesegaran “B” yakni pull up, sit up, push up, lunges, shutle run dan ketangkasan renang dengan jarak 50 meter, ini sesuai dengan aturan yang sudah di tentukan oleh TNI AD, terangnya.

Sumber : Jasdam I/BB

Check Also

Pangdam I/BB : Bangsa yang besar adalah Bangsa yang bisa menghargai jasa para Pahlawannya

Kodam I/BB  | Medan – Prajurit TNI dari tiga Matra di wilayah Kota Medan sekitarnya …