S5 Comaxium - шаблон joomla Mp3
Thursday, February 22, 2018


MAYJEN TNI CUCU SOMANTRI,S.Sos
PANGDAM I BUKIT BARISAN

Selamat Datang di Website Resmi Kodam I Bukit Barisan. "Patah Tumbuh Hilang Berganti" Mewujudkan Kodam 1/BB yang solid, profesional, tangguh dan berwawasan kebangsaan serta di cintai rakyat yang mampu menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI khususnya di wilayah Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri

Headline

Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri mengatakan, saat ini Indonesia memerlukan penguatan-penguatan yang menjaga kebinekaan. Negara ini dengan keberagaman suku bangsa, agama dan budaya jangan sampai terpecah belah. Kita telah disatukan dalam kebinekaan dan falsafah Pancasila sebagai dasar negara.

 

Demikian dijelaskannya saat peresmian Fish House sekaligus pelantikan Kopindo (Komunitas Pengawal Indonesia) di Jalan Rotan Kecamatan Medan Petisah, Jumat (26/1). Dihadiri para pejabat di lingkungan Kodam I/BB, Ketua PWI Sumut H Hermansjah dan berbagai organisasi dan komunitas serta masyarakat. "Indonesia saat ini perlu penguatan-penguatan kebinnekaan, hal ini tentu sejalan dengan kebijakan pemerintah. Kita adalah Pancasila, Pancasila adalah kita. Kita adalah Bhinneka Tunggal Ika dan Bhineka Tunggal Ika adalah kita," tegasnya.

Ia menyampaikan, walaupun dalam kenyataannya masih ada kelompok yang meragukan dan mempermasalahkan konsep ini, namun ia beranggapan agar rakyat tidak mudah terprovokasi dan terpengaruh segala bentuk seruan yang dapat melunturkan semangat persatuan dan NKRI. "Untuk itu, kita harus memperkuat rasa kebangsaan dan persatuan Indonesia. Sebab, bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam suku, bahasa, agama, dan budaya, sehingga jangan sampai terbecah belah dan tercerai berai," lanjutnya.

Pangdam menjelaskan, kemerdekaan Indonesia diraih berkat perjuangan panjang. Perjuangan yang dimaksud itu bukan hanya dilakukan oleh satu kelompok atau satu suku tertentu saja. Namun kemerdekaan dengan perjuangan itu diraih karena adanya kerja sama dari banyak kelompok. Untuk itu, jangan ada yang merasa punya jasa paling besar dalam memperjuangkan Tanah Air ini. "Persatuan kita telah diwujudkan dalam Sumpah Pemuda. Satu bangsa, satu Tanah Air dan satu bahasa. Kita sebagai warga negara punya hak dan kewajiban. Tidak ada yang punya saham paling besar dalam kemerdekaan. Semua sama besar sahamnya," tandasnya.

Ia berpesan, di era globalisasi dan penuh dengan peran teknologi saat ini, agar masyarakat tidak mudah terprovokasi. Misalnya melalui media sosial yang dinilai kerap menimbulkan riuh di tengah masyarakat. "Jangan coba-coba memasukkan hoaks melalui media sosial. Kita jangan mudah terpancing, kita harus menjadi yang terdepan untuk mengawal NKRI dan menjaga kebinekaan ini," sebutnya.

"Jangan kita terpecah belah hanya karena perbedaan pendapat. Jagalah persatuan dan kesatuan kita sebagai bentuk kepedulian dan untuk menjaga warisan yang telah diturunkan kepada kita oleh para pahlawan untuk meneruskan bangsa dan negara ini," terangnya.

Pangdam menambahkan, negara Indonesia bukanlah milik satu kelompok saja dan bukan milik satu suku dan golongan. "Indonesia adalah milik semua kelompok, semua agama, semua suku dan semua warga negara Republik Indonesia,” ucapnya.

Di akhir kata sambutannya, Pangdam berharap kepada semua masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di Sumatera Utara untuk selalu menjaga kedamaian, dan keamanan di daerah dan lingkungannya masing-masing.

Ia juga berpesan kepada Kopindo, agar konsisten dan komitmen menjalankan visi dan misi organisasi, khususnya dalam mengawal keanekaragaman yang ada di Tanah Air khususnya di Sumut. Jangan ada kepentingan kelompok tertentu. Pangdam juga menyebutkan, pengalamannya di Fish House yang menyajikan sajian kuliner lengkap dengan varian menu ikan sungai yang khas dengan cita rasa masakan Sumut. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan ramah tamah.

Link

KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
 TNI-AL DEPHAN
     

 

   
 TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

 KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA

 

Pejabat Kodam I/BB

  • A.jpg
  • Asren.jpg
  • C.jpg
  • D.jpg
  • F.jpg
  • G.jpg
  • kkapendam.jpg
  • s DENMA.jpg

Video Profil Kodam I/BB

Serbuan Teritorial

Serah terima jabatan Pangdam I Bukit Barisan
Prajurit Bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung Menyanyikan lagu MARS BUKIT BARISAN
Upacara Hari Juang Kartika kodam I/BB Tahun 2015

 Video lainnya...

Social Icons

joomla social share plugin

Pengunjung Online

We have 106 guests and no members online

Sejarah Kodam I/BB

Jenderal Besar TNI A.H Nasution didalam prasarannya untuk Rapat Kerja Sejarah Militer tahun 1969 menyampaikan harapannya tentang pelaksanaan tugas sejarah militer, antara lain : selama menjabat pimpinan TNI AD dan Hankam, saya selalu secara pribadi khusus mendorong peningkatan karya sejarah militer, karena sejarah itu banyak dikaburkan, dan tidak banyak diketahui oleh generasi baru...

Detail...