S5 Comaxium - шаблон joomla Mp3
Thursday, February 22, 2018


MAYJEN TNI CUCU SOMANTRI,S.Sos
PANGDAM I BUKIT BARISAN

Selamat Datang di Website Resmi Kodam I Bukit Barisan. "Patah Tumbuh Hilang Berganti" Mewujudkan Kodam 1/BB yang solid, profesional, tangguh dan berwawasan kebangsaan serta di cintai rakyat yang mampu menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI khususnya di wilayah Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri

Headline

Foto Bersama : Dandim 0209/LB, Letkol Czi Denden Sumarlin, diabadikan dengan TIM Pendataan Anak Tidak Sekolah (ATS) Kabupaten Labuhanbatu 2017, Sabtu (13/1).

 

Dinas Pendidikan Labu­hanbatu menciptakan suatu terobosan baru, dengan mela­kukan MoU bersama Kodim 0209/LB untuk mendata anak berumur 6-21 tahun yang tidak sekolah dalam merealisasikan program Indonesia Pintar.

Hasil data itu, ada 1.211 anak se-Labuhanbatu didapati tidak memiliki ijazah SD, SMP dan SMA, dan kini dita­ngani Dinas Pendidikan untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Kadis Pendidikan Labu­hanbatu, Sarimpunan Ritonga melalui Kabid PAUD dan Dikmas, Nur Eko Setyawati kepada wartawan, Sabtu (13/1) menjelaskan, kegiatan itu merupakan program Indonesia Pintar, untuk merealisasi­kannya diadakan pendataan anak tidak sekolah yang meli­batkan berbagai pihak, seperti Babinsa Kodim 0209/LB.

Dikatakan, MoU yang di­tandatangani bersama Dan­dim 0209/LB Letkol Czi Den­den Sumarlin dengan Pemkab Labuhanbatu melalui Kadis Pendidikan dalam konteks pe­nuntasan wajib belajar 9 tahun.

Realisasi MoU itu, pen­dataan Anak Tidak Sekolah (ATS) 2017, dan hasilnya dari kuota nasional, Labuhanbatu mencapai 1.211 orang mele­bihi target yang ditetapkan dari pusat sejumlah 1.000 orang.

Nur Eko Setyawati me­nyebutkan, selain data ATS untuk Program Indonesia Pintar (PIP), dalam pendataan itu sekaligus terjaring warga masyarakat usia lebih 21 tahun yang belum memiliki ijazah SD 310 orang, SMP 291 orang, SMA 102 orang.

“Data ini, berdasarkan instrumen yang diisi dengan lengkap dan instru­men yang tidak valid tidak diperhi­tungkan,” ujarnya.

Dari sejumlah hasil penda­taan ATS itu, dijelaskan  pada 2018 ini akan direalisasikan pendidikan kesetaraan keak­saraan oleh Kemendikbud me­lalui program Indonesia Pin­tar. “Pada 2017 untuk se- Pro­vinsi Sumut, Labuhanbatu ma­suk dalam 3 kabupaten ter­cepat melaporkan hasil pen­dataan ATS,” jelas Kabid.

Kasi Keaksaraan dan Kese­taraan Dinas Pendidikan La­buhanbatu, Yulinar Harefa menjelaskan, ada ratusan data yang tidak lengkap, sehingga tidak bisa masuk ke server pu­sat, apabila data itu lebih lengkap lagi, diyakini capaian untuk Labuhanbatu mengarah ke angka 1.500 orang.

Ditambahkannya, sejak awal 2017 lalu, melaksa­nakan sejumlah sosialisasi melalui media sosial, masmedia elek­tronik, brosur, spanduk serta media lainya bahkan dengan komunikasi dan terjun lang­sung ke masyarakat.

Dandim 0209/LB, Letkol Czi Denden Su­marlin melalui Kasdim Mayor Inf Ertiko Cholifa mengatakan, sebagai­mana amanah UU No 34/2004 tentang TNI mem­­punyai pe­ran dalam mendukung peme­rintah turut serta dalam berba­gai bidang pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerahnya.          

“Peran TNI dalam hal ini Babinsa, adalah pada Perta­hanan Nasional di bidang pendidikan. Ketahanan Na­sional, pada hakekatnya bukan hanya angkat senjata, tetapi ada Operasi Militer bentuk lain, yaitu Operasi Militer Se­lain Perang (OMSP) pada masa damai, dalam hal ini sa­lah satunya mendu­kung peme­rintah di bidang pendidikan bersinergi dengan Dinas Pendidikan Labuhanbatu pada program menuntaskan wajib belajar 9 Tahun (Wajar 9 Tahun),”sebut Kasdim.

Link

KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
 TNI-AL DEPHAN
     

 

   
 TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

 KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA

 

Pejabat Kodam I/BB

  • A.jpg
  • Asren.jpg
  • C.jpg
  • D.jpg
  • F.jpg
  • G.jpg
  • kkapendam.jpg
  • s DENMA.jpg

Video Profil Kodam I/BB

Serbuan Teritorial

Serah terima jabatan Pangdam I Bukit Barisan
Prajurit Bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung Menyanyikan lagu MARS BUKIT BARISAN
Upacara Hari Juang Kartika kodam I/BB Tahun 2015

 Video lainnya...

Social Icons

joomla social share plugin

Pengunjung Online

We have 102 guests and no members online

Sejarah Kodam I/BB

Jenderal Besar TNI A.H Nasution didalam prasarannya untuk Rapat Kerja Sejarah Militer tahun 1969 menyampaikan harapannya tentang pelaksanaan tugas sejarah militer, antara lain : selama menjabat pimpinan TNI AD dan Hankam, saya selalu secara pribadi khusus mendorong peningkatan karya sejarah militer, karena sejarah itu banyak dikaburkan, dan tidak banyak diketahui oleh generasi baru...

Detail...