S5 Comaxium - шаблон joomla Mp3
Thursday, September 21, 2017


MAYJEN TNI CUCU SOMANTRI,S.Sos
PANGDAM I BUKIT BARISAN

Selamat Datang di Website Resmi Kodam I Bukit Barisan. "Patah Tumbuh Hilang Berganti" Mewujudkan Kodam 1/BB yang solid, profesional, tangguh dan berwawasan kebangsaan serta di cintai rakyat yang mampu menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI khususnya di wilayah Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri

Headline

Pematangsiantar- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsi­antar menyosiali­sasikan uang rupiah baru tahun emisi 2016 kepada prajurit TNI di Rindam I/Bukit Bari­san di Aula Gedung Bela Ne­gara Rindam I/Bukit Barisan, Jalan Argasari Kota Pema­tang­siantar, Rabu (l8/1).

 

Kegiatan diikuti  sekira 400 orang yang terdiri dari unsur pimpinan, aparatur sipil ne­gara, prajurit TNI-AD Rin­dam I/Bukit Barisan dan Persit Kartika Chandra Kirana Rin­dam I/Bukit Barisan.

Wakil Komandan Rindam I Bukit Barisan berharap peserta menyimak de­ngan baik materi yang disam­paikan dan nantinya dapat di­te­ruskan informasinya kepada keluarga dan lingkungan sekitar.

Sesi sosialisasi diisi Kepala Per­wakilan Bank Indonesia Pema­tangsiantar, Elly Tjan, dan didam­pingi 2 Kasir Bank Indonesia. Seba­gai pembuka disampai­kan dasar penerbitan dan pengedaran uang rupiah me­ng­­acu pada UU No. 7 tahun 2011, lembaga yang diberi ke­we­nangan Bank Indonesia.

Mengacu pada UU itu, bertepatan dengan hari bela negara pada 19 Desember 2016 Bank Indonesia dan pe­merintah resmi mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah baru tahun emisi 2016, terdiri dari 7 jenis pecahan uang ker­tas dan 4 jenis pecahan uang logam. Uang kertas terdiri dari pecahan nominal Rp100.­000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.­000,  Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Sedang uang logam terdiri dari pecahan nominal Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp100.

Pada uang rupiah baru TE 2016 itu, Bank Indonesia me­lakukan beberapa penyem­purnaan untuk meningkatkan fitur pengamanan pada uang rupiah sehingga diharap­kan dapat lebih mencegah upaya pemalsuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pa­da bagian utama/depan uang di seluruh peca­han, dican­tum­kan gambar pahlawan nasio­nal yang mewakili seluruh wilayah tanah air (Sabang sampai Merauke).

Sedang pada bagian bela­kang dicantumkan gambar tarian dan panorama alam nu­santara, yang dimak­sudkan untuk lebih memperkenalkan keragaman seni budaya dan kekayaan alam Indonesia.

Pada sesi kedua, tim Kasir me­nyam­paikan fitur penge­nalan dan pengamanan uang rupiah untuk mencegah peredaran uang palsu di masyarakat. Beberapa fitur penga­man yang diper­kuat pada uang rupiah TE 2016 antara lain color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, blind code/tactile effect, dan rectoverso.

Dalam sesi diskusi, bebe­rapa pertanyaan yang diajukan antara lain terkait isu adanya gambar terlarang pada uang rupiah TE 2016. Menang­gapi hal tersebut dijelaskan, hal itu tidaklah benar karena pengajuan desain uang rupiah yang akan dicetak telah melalui proses panjang terma­suk pembahasan lintas ins­tansi. Gambar yang dimaksud salah satu fitur pengaman uta­ma pada uang rupiah, yaitu berupa logo Bank Indonesia (BI) yang dikenal dengan rec­toverso yaitu gambar saling isi yang akan utuh pada saat diterawangkan ke arah caha­ya. Gambar saling isi itu dibuat dengan presisi tinggi sehingga sulit untuk ditiru/dipalsukan.

Sebelum acara berakhir, Kepala Perwakilan menyam­paikan imbauan kepada selu­ruh peserta, agar mem­bantu sosialisasi kepada masyarakat minimal di lingkungan kelu­arga agar mencintai uang rupiah dan memper­lakukan uang rupiah dengan baik, tidak mencoret-coret dan tidak men-staples uang rupiah ka­rena merupa­kan simbol ke­dau­latan bangsa dan biaya pence­takan uang cukup tinggi.

Link

KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
 TNI-AL DEPHAN
     

 

   
 TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

 KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA

 

Pejabat Kodam I/BB

  • Akasdam.jpg
  • Asren.jpg
  • i PAL.jpg
  • j TOP.jpg
  • kapuskopkar.jpg
  • kkapendam.jpg
  • o KUDAM.jpg
  • s DENMA.jpg
  • tBINTAL.jpg

Video Profil Kodam I/BB

Serbuan Teritorial

Serah terima jabatan Pangdam I Bukit Barisan
Prajurit Bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung Menyanyikan lagu MARS BUKIT BARISAN
Upacara Hari Juang Kartika kodam I/BB Tahun 2015

 Video lainnya...

Social Icons

joomla social share plugin

Pengunjung Online

We have 78 guests and no members online

Sejarah Kodam I/BB

Jenderal Besar TNI A.H Nasution didalam prasarannya untuk Rapat Kerja Sejarah Militer tahun 1969 menyampaikan harapannya tentang pelaksanaan tugas sejarah militer, antara lain : selama menjabat pimpinan TNI AD dan Hankam, saya selalu secara pribadi khusus mendorong peningkatan karya sejarah militer, karena sejarah itu banyak dikaburkan, dan tidak banyak diketahui oleh generasi baru...

Detail...