Home / Berita Satuan / Gotong Royong Bersama Warga, Babinsa Koramil 0212-11/BA Bersihkan Saluran Irigasi

Gotong Royong Bersama Warga, Babinsa Koramil 0212-11/BA Bersihkan Saluran Irigasi


Batang Angkola – Dalam upaya untuk memperlancar saluran pengairan persawahan, anggota Babinsa Koramil 11/BA Kodim 0212/Tapsel Serda AK. Daulay bersama warga melakukan gotong-royong membersihkan saluran irigasi Payasordang di Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (30/08/2021)

Dalam kegiatan tersebut melibatkan beberapa warga dan para petugas pengairan serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan sasaran utama adalah saluran irigasi. Pembersihan ini bertujuan karena dalam waktu dekat wilayah Batang Angkola akan mulai turun ke sawah. Sehingga, dibutuhkan pasokan air yang lancar

Babinsa Serda AK. Daulay disela kegiatan mengatakan, beberapa hari sebelum dilaksanakan gotong-royong, anggota Babinsa dan warga melakukan pengecekan kondisi saluran irigasi.

“Sebelum dilakukan gotong-royong, dilakukan pengecekan kondisi saluran di masing-masing kawasan. Ternyata, sebagian besar perlu dibersihkan dengan gotong-royong bersama. Kemudian dilakukan koordinasi dengan perangkat desa dan petugas pengairan untuk melakukan pembersihan,” ujar Serda AK. Daulay

menurutnya, Gotong-royong itu merupakan bentuk kepedulian jajaran Koramil Batang Aangkola untuk membantu masyarakat dalam wilayah desa binaan terutama di bidang pertanian.

“Sebagian saluran sumbat dan terjadi pendangkalan dipenuhi sedimen, maka dilakukan pembersihan agar air dapat mengalir lancar. Apalagi, saat ini, banyak petani mulai membajak sawah dan menyemai benih,” katanya.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai hasilnya saluran irigasi di kelurahan Sigalangan berhasil dibersihkan dan air mulai mengalir dengan lancar.(*)

Check Also

Koramil 03/Sedanau Gelar Vaksinasi Gurindam 12 Untuk Masyarakat Umum Dari Berbagai Kalangan Usia

NATUNA– Koramil 03/Sedanau, jajaran Kodim 0318/Natuna menggelar lanjutan vaksinasi Gurindam 12 dengan menyasar masyarakat umum. …