Home / Berita Satuan / Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Satgas Yonif 133/YS Bangun Tiang Bendera Permanen di SDN 11 Klawik

Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Satgas Yonif 133/YS Bangun Tiang Bendera Permanen di SDN 11 Klawik

Kodam I/BB | Batang Lupar – Guna menumbuhkan rasa cinta tanah air sekaligus menggelorakan semangat kemerdekaan menjelang peringatan HUT ke-75 RI di wilayah perbatasan RI-Malaysia, personel Pos Klawik Satgas Yonif 133/YS melakukan pembangunan tiang bendera permanen di SDN 11 Klawik, Desa Mensiau, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, melalui rilis tertulisnya dari Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (12/8/2020).

Dijelaskan Dansatgas, pembangunan tiang bendera permanan di SDN 11 Klawik ini merupakan inisiatif personel Pos Klawik.

“Di samping untuk memeringati HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 di wilayah perbatasan, pembangunan tiang bendera ini juga sebagai wujud darma bakti Prajurit TNI terhadap warga desa binaan, khususnya dalam upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para pelajar sebagai generasi penerus bangsa,” jelas Dansatgas.

Kegiatan pembangunan tiang bendera dilakukan selama tiga hari hingga selesai dan diresmikan pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Di hari pertama pekerjaan, empat personel Pos Klawik yang dipimpin Serda Aldi Wira Pranata melakukan pendirian tiang bendera dengan proses pengecoran pondasi.

Hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan tiang bendera dan pondasi yang telah dicor.

Di hari kedua ini, lanjut Letkol Hendra, personel Pos Klawik juga melakukan pemasangan tali tiang bendera serta membentuk logo Yudha Sakti.

“Memasuki hari ketiga, pembangunan tiang bendera di SDN 11 Klawik telah rampung dikerjakan dan sekaligus dilakukan peresmian yang dihadiri kepala sekolah, para guru pembimbing, murid-murid dan personel Pos Klawik,” terang Hendra.

Kegiatan peresmian diawali dengan doa dan kata sambutan dari pihak sekolah serta perwakilan personel Pos Klawik.

Serda Aldi Wira Pranata yang mewakili personel Pos Klawik menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama pihak sekolah, sehingga proses pembangunan tiang bendera bisa selesai tepat waktu dan tanpa halangan.

“Sebagai Prajurit TNI, kami dari Satgas Yonif 133/YS Pos Klawik selalu siap kapan pun dan di manapun untuk membantu warga masyarakat dalam mengatasi masalahnya, dan akan selalu hadir untuk memberikan solusi, apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini,” kata Aldi Wira Pranata.

Dia bersama personel Pos Klawik lainnya sangat berharap kegiatan upacara bendera setiap Senin di sekolah ini bisa dilangsungkan dengan lebih khidmat dari biasanya.

“Semoga dengan hadirnya tiang bendera ini, jiwa nasionalisme, patriotisme dan semangat juang dari para anak didik di sekolah ini akan terus terbina serta terpupuk lebih baik dari masa ke masa,” ungkap Aldi Wira Pranata.

Sementara, pihak SDN 11 Klawik yang diwakili seorang guru pembimbing juga menyampaikan rasa bangga, hormat dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada personel Pos Klawik Satgas Yonif 133/YS.

“Darma bakti Prajurit TNI dari Pos Klawik Satgas Yonif 133/YS akan selalu menjadi kenangan bagi kami dan para siswa didik di SDN 11 Klawik ini. Dan semoga apa yang dilakukan ini semakin menambah kecintaan TNI kepada Rakyat,” katanya mengakhiri.

Check Also

Pastikan Batas Negara Aman, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa Laksanakan Patroli Patok

Kodam I/BB | Merauke – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Satgas Yonif …