Home / Berita Satuan / Gelar Persami Pramuka, Satgas Yonif 133/YS Terus Mantapkan Bintahwil di Wiltas RI-Mly

Gelar Persami Pramuka, Satgas Yonif 133/YS Terus Mantapkan Bintahwil di Wiltas RI-Mly

Kodam I/BB | Kapuas Hulu – Upaya pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) di perbatasan RI-Malaysia terus digencarkan Satgas Yonif 133/YS. Salah satunya melalui kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) bersama anggota Pramuka dari SDN 11 Klawik, Dusun Klawik, Desa Labian Irang, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Mly Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, dalam keterangan tertulisnya dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, Selasa (3/3/2020).

Dijelaskan Dansatgas, Persami yang digelar dari 29 Februari hingga 1 Maret 2020 kemarin, dilaksanakan bersama Pos Klawik SSK 1 Satgas Pamtas RI-Mly dengan anggota Pramuka SDN 11 Klawik.

“Kegiatan Persami yang mengangkat tema ‘Garuda di Dadaku’ dipimpin langsung Danpos Klawik SSK 1, Sertu Rediko Andeska bersama sejumlah personel, dan dihadiri langsung kepala sekolah, guru pendamping dan kepala desa,” terang Letkol Hendra Cipta.

Selama dua hari kegiatan Persami, lanjut Letkol Hendra, beragam kegiatan positif dilaksanakan kepada para anggota Pramuka SDN 11 Klawik.

Seperti melaksanakan hiking dengan tiap-tiap pos dengan aral rintang dan soal pertanyaan, latihan kedisplinan dan PBB (Peraturan Baris Berbaris), pendirian tenda Pramuka, acara api unggun dan renungan suci, olah raga umum bersama, dan membina kekompakkan antarregu melalui beraneka permainan.

“Dalam dua kegiatan Persami ini, juga dilaksanakan pengarahan dan kuis berhadiah dari Komandan SSK 1 serta Danpos Klawik beserta anggota, yang kemudian diakhiri dengan pemberiah hadiah kepada regu terbaik,” pungkas Hendra.

Pelaksanaan Persami Pos Klawik bersama Pramuka SDN 11 Klawik ini mendapat apresiasi luar biasa dari kepala sekolah, para guru dan kepala desa.

Pihak SDN 11 Klawik sangat senang dengan kegiatan bersama dalam Persami ini, dan berharap kegiatan serupa bisa rutin dilakukan di masa mendatang, khususnya pada wilayah terpencil dan di perbatasan.

“Kegiatan ini (Persami) baru pertama kali diadakan di sekolah kami, dan tentunya ini sangat bernilai untuk membentuk kepribadian, kedisiplinan, serta kekompakan dan persaudaraan yang lebih kuat, baik di antara sesama pelajar, maupun antara pelajar dengan TNI. Karenanya, kami ucapan beribu terima kasih kepada bapak TNI terutama dari Pos Klawik SSK 1 Satgas Pamtas RI-Mly Yonif 133/YS,” ungkap Kepala Sekolah.

Check Also

Optimalkan Pengamanan dan Keamanan, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Sawiyatami Laksanakan Sweeping

Kodam I/BB | Keerom – Untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas diperbatasan, Satgas Yonif …