Home / Berita Satuan / Evaluasi Penanganan Covid-19, Tim Wasev Sopsad Kunjungi Yonkav 6/NK

Evaluasi Penanganan Covid-19, Tim Wasev Sopsad Kunjungi Yonkav 6/NK

Kodam I/BB | Medan – Tim pengawasan dan evaluasi Bidang Operasi Angkatan Darat yang dipimpin oleh Spaban II/Minops Sopsad Kolonel Inf Hendro di sambut oleh Danyonkav 6/NK Mayor Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos melakukan kunjungan ke Makoyonkav 6/NK Jl. Bunga Raya Kel. Asam Kumbang Medan, Kamis, (10/12/2020).

Tetap memperhatikan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, kegiatan pengawasan dan evaluasi dari Sopsad (Staf Operasi Angkatan Darat) dalam rangka analisa evaluasi data dan pemeriksaan penyiapan satuan Sigap Covid-19 yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 9 s.d 11 Desember 2020, ini merupakan program kerja Angkatan Darat ke satuan wilayah Kodam I/BB khususnya Yonkav 6/NK sesuai ST Kasad No. ST/435/2020 tanggal 4 Juni 2020 tentang perintah kepada seluruh jajaran prajurit TNI AD agar membentuk satuan Covid-19 sebagai pengganda.

Dimana satuan Yonkav 6/NK sebagai satuan Sigap Covid-19 TNI AD. Tim Wasev Sopsad melakukan beberapa kegiatan yaitu berupa pengecekan sarana dan prasarana serta meninjau pelaksanaan penegakan protokol kesehatan Sigap Covid-19.

Disamping itu Tim Wasev Sopsad melihat langsung kegiatan latihan simulasi bersama pada penanganan jenazah Covid-19 yang dilaksanakan oleh satuan Sigap Covid-19 Yonkav 6/NK bertempat di lapangan Makoyonkav 6/NK.

Pada simulasi tersebut dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya penanganan jenazah, pengamanan, mobilisasi, pemakaman, ujicoba diskontaminasi ambulance dan tim ambulance. Skenario simulasi penanganan dan pemakaman jenazah covid-19 dimulai dengan pelaksanaan pengecekan kesiapan personel yang terlibat. Setelah mendapat informasi dari RS Putri Hijau adanya warga meninggal terjangkit Covid-19 tim kemudian bergerak menuju ke RS Putri Hijau. Setiba RS Putri Hijau jenazah langsung dimakamkan ditempat pemakaman khusus Covid 19.

Kegiatan simulasi ini bertujuan dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu dan kemungkinannya maka pada penanganan pasien positif Covid-19 dari seluruh aspek dari pemulasaran sampai dengan pemakaman harus sesuai protap dan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Check Also

Rapid Test Covid-19 Batalyon Arhanud 11/WBY

Kodam I/BB | Binjai – Kodam I/Bukit Barisan melakukan Rapid Test Covid-19 kepada seluruh Prajurit …