Home / Berita Utama / Disadarkan TNI, Warga Kalilapar Serahkan Tanaman Ganja ke Satgas Raider 100/PS

Disadarkan TNI, Warga Kalilapar Serahkan Tanaman Ganja ke Satgas Raider 100/PS

Kodam I/BB | Keerom – Pendekatan dan komsos humanis yang dilakukan personel Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS secara terus menerus kepada warga perbatasan RI-PNG, telah berhasil membangkitkan rasa percaya dan cinta kepada TNI.

Ini buktinya. Minggu (25/10/2020) kemarin, warga Kampung Kalilapar 2, Distrik Waris, Kabupaten Keerom Provinsi Papua, dengan suka rela menyerahkan 36 batang pohon ganja siap panen kepada personel Pos Kalilapar Satgas Raider 100/PS.

“Batang pohon ganja yang diserahkan itu untuk diamankan, sehingga tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab,” kata Dansatgas Pamtas Yonif Raider 100/PS, Mayor Inf Mhd Zia Ulhaq dalam keterangan tertulisnya dari Kabupaten Keerom, Papua, Senin (26/10/2020).

Dansatgas menjelaskan, mulanya Danpos Kalilapar, Letda Inf Irwan Silalahi menerima pengakuan dari masyarakat Kp. Kalilapar yang berkeinginan menyerahkan tanaman ganja di kebunnya kepada Prajurit TNI dari Pos Kalilapar Satgas Raider 100/PS.

Niat warga untuk menyerahkan tanaman ganja siap panen itu karena kesadaran akan kepatuhan pada hukum yang selama ini telah disosialisasikan personel Pos Kalilapar melalui kegiatan-kegiatan komsos humanis.

Mendengar informasi tersebut, Danpos Kalilapar melaporkan kepada Danki C Satgas Lettu Inf Wiridan Antariksa, S.T,Han, kemudian Danki C beserta 3 orang anggotanya bergerak menuju Pos Kalilapar untuk menjemput anggota Pos Kalilapar beserta Danpos bergerak menuju Kp. Kalilapar 2.

Setelah mendapat petunjuk dan koordinasi dengan anggotanya, rombongan Danki C Satgas langsung menuju rumah masyarakat yang bersangkutan, yaitu Bpk. Leonardus Maunda (33), dan dilanjutkan mencabut tanaman ganja di kebun miliknya.

Setelah pencabutan tambahan ganja selesai, Leonardus Maunda pun dengan suka rela ikut ke Pos Kalilapar bersama barang bukti tanaman ganja. Di Pos Kalilapar, Leonardus Maunda dengan kesadaran sendiri membuat pernyataan tidak akan lagi menanam batang pohon ganja yang dilarang oleh UU.

“Saya selaku pemilik kebun tumbuhan terlarang tersebut, secara sadar tanpa ada paksaan menyerahkan barang tersebut kepada TNI dari Pos Kalilapar Satgas Yonif Raider 100/PS. Saya berterimakasih kepada TNI yang selama ini telah memberikan wawasan kepada kami masyarakat tentang bahaya atau tumbuhan terlarang tersebut”, ucap Bapak Leonardus.

Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M Zia Ulhaq, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat Kampung Kalilapar 2 kepada Satgas Yonif Raider 100/PS yang berada di Pos Kalilapar, Berkat pembinaan Teritorial berupa Komunikasi sosial yang baik melalui program keluarga asuh di seluruh jajaran Pos Satgas Yonif Raider 100/PS.

“Perlahan tapi pasti memberikan kesadaran kepada masyarakat betapa bahayanya memiliki tumbuhan tersebut ” ujarnya.

“Saya selaku Dansatgas juga memberikan apresiasi kepada seluruh personel Pos Kalilapar, karena itu semua didapat bukan karena berdiam diri ditempat, melainkan kegiatan pembinaan teritorial yang telah berjalan baik, memberikan rasa percaya kepada masyarakat di jajaran pos masing masing,” pungkasnya.

Check Also

Kapendam I/BB: Satgas TMMD Ke-109 Kodim 0302/Inhu Wujudkan sarana Jalan Impian Warga

Kodam I/BB | Medan – Tiga hari menjelang penutupan, pengerjaan semenisasi jalan pertanian yang dilakukan …