Home / Berita Satuan / Dandim 0207/Simalungun Terjun Langsung Ke Lapangan Meninjau Progress Bendungan Sungai

Dandim 0207/Simalungun Terjun Langsung Ke Lapangan Meninjau Progress Bendungan Sungai

Kodam I/BB | Simalungun – Dalam rangka kegiatan Pra TMMD ke – 112 TA. 2021 Kodim 0207/Simalungun, maka Dandim 0207/Simalungun Letkol Ing Roly Souhoka, S.I.P, melaksanakan kunjungan untuk meninjau perkembangan kemajuan. Kunjungan ini berlokasi di Kampung Gunung, Kelurahan BP. Nauli Kecamatan Siantar Marihat, Kota Pematangsiantar, Minggu (29/08/2021).

Peninjauan dilakukan dalam rangka sinkronisasi, koordinasi, dan pengendalian, serta memantau update progres pembangunan infrastruktur sumber daya air Bendungan Karian yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020. ”Melalui kegiatan monitoring ini, kami dapat memastikan hambatan yang terjadi dan menentukan solusi yang perlu diambil. Selain itu, kami ingin memastikan pembangunan bendungan multifungsi ini selesai tepat waktu,” ungkap Letkol Inf Roly Souhuka, S.I.P.

Sebagai informasi, sasaran fisik pembangunan bentang bendungan sungai ini berkisar sepanjang 20 Meter dengan kedalaman 1,5 Meter. Selain bermanfaat untuk suplai air baku dan irigasi, Bendungan ini merupakan bendungan multifungsi yang berpotensi menjadi pengendali banjir. “Progres pembangunan Bendungan Karian sampai dengan Maret 2021 sudah mencapai 70 persen dan untuk main dam ditargetkan selesai sesegera mungkin. Sementara itu, rencana pengairan atau impounding akan dilaksanakan pada awal tahun 2022,” kata Danramil 03/Siantar Selatan Kapten Kav. Samsul Capah saat mendampingi kunjungan kerja di lapangan.

Kendala utama penyelesaian Bendungan adalah terkait cuaca. Lebih lanjut, Pasiter Dim 0207/Simalungun Kapten Inf B. Panjaitan menjelaskan bahwa terdapat beberapa bidang lahan yang masih dalam proses pembebasan, meskipun hal itu tidak mengganggu pekerjaan fisik karena berada di area genangan. Pada akhir kunjungan, Dandim Letkol Inf Roly Souhuka SIP menyampaikan apresiasinya terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan para pihak terkait. Ia pun berpesan agar proyek dapat terus berkontribusi dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang melibatkan masyarakat dalam kegiatan padat karya yang di masa pandemi Covid-19 ini akan sangat membantu perekonomian masyarakat.

Adapun kunjungan kerja Dandim Letkol Inf Roly Souhuka SIP ini didampingi oleg, Camat Siantar Marihat R.Sitanggang STTP, Danramil 03/Siantar Selatan Kapten Kav. Samsul Capah, Pasiter Dim 0207/Simalungun Kapten Inf B. Panjaitan, Lurah BP Nauli B.A.Togatorop STPPi MSi, dan Kapolsek Siantar Marihat yang diwakili Babinkamtibmas Brigadir R. Siburian.

Check Also

Meski Dengan Alat Sederhana, Satgas TMMD Kodim 0207/Simalungun Semangat Pindahkan Material Sasaran Fisik

Pematang SIantar | Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 0207/Simalungun harus melewati perjuangan …