Home / Berita Satuan / Dandim 0204/DS Ikut Amankan Kepulangan 134 TKI dari Malaysia di KNIA

Dandim 0204/DS Ikut Amankan Kepulangan 134 TKI dari Malaysia di KNIA

Kodam I/BB | Deliserdang – Komandan Kodim 0204/Deliserdang, Letkol Kav Syamsul Arifin, SE, MTr (Han) ikut mengamankan kepulangan 134 TKI dari Malaysia di Bandara Kuala Namu International (KNIA), Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Kamis (9/4/2020) pagi.

Ratusan TKI yang terdiri dari pria, wanita dan anak-anak itu, tiba di KNIA sekitar pukul 08.25 Wib dengan pesawat Malaysia Airlines MH-860.

Selain Dandim 0204/DS, pengamanan juga melibatkan Bupati Sergai, Kapolresta Deliserdang, Kepala Karantina KNO, Kepala Bea Cukai KNO, Kepala Imigrasi KNO, Manager Keamanan KNO, Danramil 23/Beringin, dan Kapolsek Beringin.

Usai pengecekan visa dan paspor, para TKI ini kemudian menjalani protokol pemeriksaan kesehatan oleh tim medis gabungan dari Kementerian Kesehatan, Dinkes Provsu, dan tim medis KKP Bandara KNIA.

Protokol kesehatan yang diterapkan meliputi sterilisasi berupa penyemprotan antiseptic di bilik yang telah tersedia, pengecekan suhu tubuh menggunakan thermal scanner dan rapid test.

Sekitar 1,5 jam menjalani pemeriksaan kesehatan, 134 TKI dari Malaysia yang merupakan gelombang pertama dari empat gelombang yang akan tiba di KNIA hingga besok, semuanya dinyatakan sehat.

Selesai pelaksanaan protokol kesehatan, ke-134 TKI ini kemudian diangkut dengan tiga bus menuju Cadika Pramuka Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, untuk menjalani karantina selama 14 hari.

Di kesempatan yang sama, Dandim 0204/DS menjelaskan, pelaksanaan protokol kesejatan ini, tak lain untuk antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) masuk ke wilayah Sumatera Utara melalui Bandara KNIA.

Sedangkan kehadiran personel TNI-Polri dan aparat terkait lainnya, diakui Letkol Syamsul sebagai langkah pengamanan dan pengawalan terhadap kedatangan para TKI untuk diantar ke lokasi karantina kesehatan di Cadika Pramuka Lubuk Pakam Kabupaten Deliserdang.

Check Also

Personel Babinminvetcaddam I/BB Gelar Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Medan – Untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, Personel Babinminvetcaddam laksanakan operasi pendisiplinan protokol kesehatan …