Home / Berita Satuan / Dandim 0204/DS Hadiri Upacara Peringatan Peristiwa Tebingtinggi Berdarah 13 Desember

Dandim 0204/DS Hadiri Upacara Peringatan Peristiwa Tebingtinggi Berdarah 13 Desember

Kodam I/BB | Tebingtinggi – Komandan Kodim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, turut menghadiri upacara peringatan peristiwa Tebingtinggi Berdarah 13 Desember 1945 di Balai Kota Tebingtinggi, Jln dr Sutomo, Senin (14/12/2020).

Upacara dipimpin Wali Kota Tebingtinggi, Ir Umar Zunaidi Hasibuan, MM, dengan Perwira Upacara oleh Staf Ahli Pemko Tebingtinggi, Syahirwan, dan Komandan Upacara oleh Marwansyah Harahap, SSTP.

Sejumlah unsur FKPD Kota Tebingtinggi, seperti Wakil Wali Kota, Ir OKI Doni Siregar, Kapolres, AKBP James Parlindungan Hutagaol, SIK, Ketua DPRD, Basyaruddin Nasution, SH, Kajari yang diwakili Kasipidsus, Candra, SH, Kepala Pengadilan Agama, Ibrahim Lubis, dan Kaden Brimob, Kompol Endra Budianto, juga tampak hadir dalam upacara yang menerapkan disiplin Protokol Kesehatan secara ketat ini.

Wali Kota Tebingtinggi dalam amanatnya menjelaskan, upacara peringatan peristiwa Tebingtinggi Berdarah yang telah berlalu selama 75 tahun, kali ini diperingati dengan cara berbeda dari tahun sebelumnya akibat situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“Meski demikian, saya tetap mengajak kita semua untuk kembali meneladani semangat para pejuang dalam melawan penjajahan demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” tegas Wali Kota Umar Zunaidi.

Ribuan korban yang jatuh berguguran menjadi Kusuma Bangsa dalam suatu peristiwa pembantaian massal di Tebingtinggi pada 13 Desember 1945, dan juga pertempuran yang tidak seimbang, tentu tidak sebanding dengan kondisi yang dihadapi sekarang ini.

“Meskipun sulit, saya yakin kita bisa menghadapi kondisi sekarang. Karenanya, mari kita teladani sifat dari pada para pejuang dan menjadikannya sebagai inspirasi. Semangat persatuan dan kesatuannya, jiwa patriotiknya yang rela berkorban untuk kemerdekaan bangsa dan mempertahankan Negara Republik Indonesia,” papar Wali Kota Umar Zunaidi.

Selesai upacara, Dandim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, berharap seluruh komponen masyarakat Kota Tebingtinggi bisa bahu membahu melanjutkan dan mengisi perjuangan dengan cara mematuhi disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Menjadikan gerakan 3M; yakni memakai masker menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun, lanjut Dandim, juga merupakan bagian dari perjuangan untuk membebaskan bangsa Indonesia, khususnya Kota Tebingtinggi terbebas dari rantai penyebaran Virus Corona.

Selesai upacara, rombongan FKPD Kota Tebingtinggi ini melanjutkan acara ziarah ke taman makan pahlawan. Di sini, Dandim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos MHan, tampil sebagai pemimpin upacara, yang dilanjutkan dengan acara tabur bunga.

Sumber: Kodim 0204/DS

Check Also

DANREM 023/KS RESMI TUTUP TMMD KE 112 KODIM 0206/DAIRI DI PAKPAK BHARAT

PAKPAK| Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel B. Sikumbang, S.H., M.M,secara resmi menutup kegiatan Tentara Manunggal …