Home / Berita Satuan / Dandim 0201/BS Siap Sebagai Orang Tua Asuh Buat Mahasiswa Papua di Medan

Dandim 0201/BS Siap Sebagai Orang Tua Asuh Buat Mahasiswa Papua di Medan

Kodam I/BB | Medan – Komandan Kodim 0201/BS Medan, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, MH, bersama seluruh Perwira Staf melakukan silaturahmi dengan sejumlah mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) yang kuliah di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (1/12/2020).

Pertemuan yang tetap mengedepan disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 ini dilangsungkan di Aula Makodim 0201/BS, Jln Pengadilan No.8 Medan.

“Pertemuan ini untuk mengungkap kerinduan saya kepada Tanah Papua. Saya pernah lama tinggal di sana, dan karenanya saya menawarkan diri sebagai orang tua asuh kepada adik-adik mahasiswa asal Papau yang kuliah di universitas negeri di Kota Medan ini,” ucap Dandim Letkol Inf Agus Setiandar.

Dandim pun mengawali pertemuan dengan mebgenalkan sejumlah Danramil yang wilayah teritorialnya merupakan tempat-temoat yang banyak dihuni oleh mahasiswa Papua yang kuliah di Kota Medan.

“Para Danramil ini adalah kalah asuh Torang selama berada di Medan. Makanya harus kenal, dan membangun komunikasi,”

Selesai itu, Dandim pun menembangkan sebuah lagu berjudul “Aku Papua” yang spontan diikuti sejumlah mahasiswa Papua yang hadir dipertemuan.

Dalam pertemuan yang penuh dengan suasana keakraban ini, Letkol Agus mengulas sejenak perjalanan hidupnya dari seorang anak petani di pelosok daerah Sumatera Utara, kuliah namun tidak menyelesaikannya, hingga akhirnya mendaftar masuk Akabri (kini Akmil) dan akhirnya menjadi seorang Perwira TNI AD dengan jabatan Komandan Kodim 0201/BS.

“Ada satu pesan dari orang tua kepada saya, yakni Di Mana Bumi Dipijak, Di Situlah Langit Dijunjung. Inilah petuah yang terus saya terapkan sampai kini, dan saya harapkan ini menjadi motivasi bagi adik-adik mahasiswa asal Papua untuk meraih kesuksessan, baik di perkuliahan maupun dalam kehiduoan,” ucap Abituren Akmil 1999 ini.

Kerinduan terhadap Tanah Papua yang dirasakan Letkol Agus, juga dikarenakan anak-anaknya besar dan tumbuh di bawah asuhan orang Papua.

“Hampir empat tahun lamanya anak-anak saya diasuh Mama Yatanoi, tetangga samping rumah saat di Papua. Makanya, saya merasakan kerinduan dengan Tanah Papua. Di manapun bertemu dengan mahasiswa asal Papua, maka saya pasti akan bersilaturahmi dan membangun ikatan batin. Silakan, mau anggap saya ini sebagai kakak atau orang tua asuh, saya siap. Satu lagi, pesan saya kepada adik-adik mahasiswa untuk tetap konsentrasi dalam kuliahnya. Karana adik-adik semua adalah orang-orang pilihan yang menjadi duta Papua untuk menuntut ilmu di seluruh pelosok Tanah Air,” papar Letkol Agus.

Tak kalah pentingnya, Letkol Agus juga meminta adik-adik mahasiswa asal Papua untuk segera menyelesaikan studi dan segera kembali ke Tanah Papua untuk membangun kampung halamannya.

“Adik-adik jangan terpengaruh dengan hal-hal di luar urusan kuliah. Karena tugas utama adik-adik saat ini adalah secepatnya menyelesaikan studi. Ini harapan terbesar saya buat anak-anak Papua yang kuliah di luar tanah kelahirannya. Dan pertemuan ini sebagai balasan atas beban moral dan hutang budi saya dengan orang Papua,” pungkas Letkol Agus.

Sementara, Ince Wea, perwakilan mahasiswa Papua menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dandim 0201/BS dan jajaran yang telah menggagas pertemuan silaturahmi ini.

“Sudah tujuh tahun saya kuliah di Kota Medan ini. dari S-1 di UNIMED, S-2 di USU dan kini sedangkan menempuh S-3 juga di USU, baru kali inilah ada pertemuan seperti ini. Karenanya, saya mewakili kawan-kawan, merasa sangat bersyukur, sehingga kami yang jauh dari tanah kelahiran ini tetap merasa ada yang memperhatikan selama berada di rantau orang,” ungkapnya.

Acara diakhiri dengan pemberian tali asih secara simbolis oleh Dandim 0201/DS kepada perwakilan mahasiswa asal Papua dan ditutup dengan ramah tamah dan makan siang bersama.

*Sumber: Kodim 0201/BS

Check Also

Ringankan Beban Warga, Kodim 0201/Medan Salurkan 1.740 Paket Bansos PPKM Darurat

Medan – Sebagai wujud kepedulian TNI dalam mengatasi kesulitan rakyat selama masa PPKM Darurat, Kodim …