Home / Bilik Prestasi / Berkarya di Tengah Badai Covid-19, Letkol Agus Setiandar Raih Gelar Magister Hukum

Berkarya di Tengah Badai Covid-19, Letkol Agus Setiandar Raih Gelar Magister Hukum

Medan – Tidak selamanya wabah Covid-19 ini membawa dampak kerugian bagi ummat manusia. Buktinya Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, yang merupakan Komandan Kodim 0201/BS Medan ini.

Di tengah wabah Virus Corona yang sangat menyebar momok, Letkol Agus –begitu sapaan akrabnya– justeru bisa menyelesaikan studinya untuk meraih gelar Pasca Sarjana (S2) dalam bidang Ilmu Hukum Pemerintahan di Universitas Mahendradatta Denpasar, Bali.

Gelar Magister Hukum yang diraih Letkol Agus ini, memang tak ubahnya sebagai sebuah karya di tengah badai Covid-19 yang sampai kini masih mewabah di seantero dunia.

“Alhamudillah, kini saya telah menyelesaikan studi S-2 Magister Hukum Ilmu Pemerintah di Universitas Mahendradatta Denpasar, Bali,” ucapnya dalam sebuah acara di Makodim 0201/BS pada Selasa (2/11/2020) malam.

Letkol Agus menjelaskan, studi S-2 ini dimulainya sejak tahun 2017, yakni ketika dirinya masih menjabat sebagai Dandim 1615/Lombok Timur, Korem 162/Wirabhakti, Kodam IX/Udayana.

Dari Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang merupakan markas Kodim 1615/Lombok Timur itu, abituren Akmil 1999 ini memulai kegiatan perkuliah secara tatap muka setiap hari Sabtu, dengan menumpang ferry ke Bali pada Sabtu dini hari dan kembali ke Lombok pada sore harinya.
Satu setengah tahun lebih berjalan, studi S-2 putra kelahiran Aek Tarum, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan ini, masih lancar tanpa kendala.

Namun kuliah tatap muka dan penyelesaian studi sempat terhambat karena 1,5 tahun kemudian Agus mutasi jabatan menjadi Kepala Staf Brigade Infanteri 21/Komodo yang berkedudukan di Camplong, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Agus mengambil cuti akademik pada semester ke-4, tak bisa menghadiri kuliah karena jarak tempuh yang semakin jauh dari Kupang ke Denpasar, dan biaya perjalanan yang mahal karena harus naik pesawat.
Namun sejak awal 2020 perkuliahan dapat dilanjutkan kembali dengan sistem daring.

“Karena pindah tugas ke NTT, terpaksa saya harus ambil cuti kuliah. Namun, pada awal 2020 karena situasi sedang mewabah Covid-19, maka kuliah secara tatap muka akhirnya bisa dilakukan secara daring (online), dan mulailah saya kembali melanjutkan perkuliahan yang tinggal sedikit lagi sacara virtual,” ungkap Letkol Agus.

Ketekunan, dan kerja keras yang dibarengi doa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, terus dilakoni Letkol Agus untuk menuntaskan studinya. Meskipun harus menghadapi dinamika tinggi di Kota Medan, Sumatera Utara. Sebagai Komandan Kodim 0201/BS, Letkol Agus tetap bisa menyisihkan waktunya untuk mengabdi kepada Rakyat, Bangsa dan Negara, serta belajar untuk menyusun tesis.

“Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas hidayah-Nya, saya dapat menyelesaikan penelitian tesis ini dengan judul “URGENSI TENTARA NASIONAL INDONESIA DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA TERORISME”,” ucap Letkol Agus dalam sambutan pembuka pada tesisnya.

Masih dalam sambutan pembuka tesisnya itu, Letkol Agus sangat berharap apa yang ditelitinya ini akan memberi motivasi, tidak saja bagi dirinya, tetapi kepada pihak lainnya untuk memberikan darma bakti terbaik kepada Rakyat, Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

Di akhir sambutan tulisan ilmiahnya ini, Letkol Agus tak lupa menyampaikan terima kasih atas dukungan dan doa berbagai pihak, sehingga dirinya mampu menyelesaikan syarat tugas untuk meraih gelar Magister Hukum Ilmu Pemerintahan dari Universitas Mahendradatta Denpasar, Bali.

Sumber: Kodim 0201/BS