Home / Berita Satuan / Bahu Membahu TNI dengan Rakyat, Atasi Kendala di TMMD 110 Kampar

Bahu Membahu TNI dengan Rakyat, Atasi Kendala di TMMD 110 Kampar

Kodam I/BB | Medan – Deru mesin buldozer memecah keheningan pagi di perkebunan sawit Dusun Bukit Tungku, Desa Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Di belakang alat berat ini, tampak sejumlah pria berkaos loreng dengan cungkul di tangan.

Mereka begitu tekun merapikan tumpukan tanah lembek di kiri-kanan badan jalan yang baru dibuka oleh alat berat tadi.

Di antara pria berkaos loreng yang ternyata Prajurit TNI itu, terdapat beberapa lelaki paruh baya. Mereka ikut membantu mengangkat tumpukan tanah dengan plengki untuk disisihkan ke tepi badan jalan.

“Ini sedang dilakukan pengerukan permukaan badan jalan yang tanahnya lembek, untuk kemudian diganti dengan tanah timbun dengan dicampur sirtu (pasir dan batu),” ucap Kapten Arh Horas Simbolon pada suatu pagi.

Saat itu, Komandan Koramil 13/Rokan ini sedang mengawasi pekerjaan pembukaan badan jalan sepanjang 500 meter dengan lebar dua meter yang dilakukan Satgas TMMD ke-110 Kodim 0313/Kampar.

Sejak pagi itu hingga 20 hari kemudian, jalan yang baru dibuka ini, sudah berubah total.

Jika tadinya sulit dilalui walau dengan berjalan kaki, kini kendaraan roda dua pun sudah bisa melintasinya.

Permukaan badan jalannya sudah ditutupi tanah merah dengan lapisan sirtu di atasnya. Di kiri-kanan jalan ini pun sudah ada parit untuk mengalirkan air hujan yang turun agar tidak menggenang.

Inilah sejumlah potret yang menggambarkan apa yang sedang terjadi dan kondisi kekinian di lokasi sasaran fisik TMMD 110 Kodim 0313/Kampar itu.

Dijelaskan Pgs Kapendam I/BB, Letkol Inf Robinson Tallupadang dari Media Centre Pendam I/BB di Medan, Selasa (23/3/2021), kebersamaan dan kekompakkan antara Prajurit TNI dengan warga dalam gotong-royong di lokasi sasaran fisik, menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan TMMD 110 Kodim 0313/Kampar ini.

”Ini juga sebagai wujud terbina Kemanunggalan TNI-Rakyat yang semakin baik, sehingga pekerjaan yang berat ditambah kendala cuaca, tidak menjadi penghalang untuk mencapai target waktu yang telah ditetapkan,” ucap Letkol Robinson.

Pembangunan badan jalan yang dikerjakan Satgas TMMD Kodim 0313/KPR itu, kini telah membuka daerah yang awalnya terisolasi, serta memudahkan akses dan mempersingkat jarak tempuh distribusi orang dan barang.

Oleh karena itu, Pamen TNI AD lulusan Akmil 2000 ini sangat berharap kepada warga untuk bisa menjaga dan merawat fasilitas jalan yang telah dibangun, sehingga masa pakai dan daya tahannya akan lebih lama.

*Sumber: Pendam I/BB

Check Also

BRIGIF 7/RR MELAKSANAKAN VAKSINASI NASIONAL COVID-19 TAHAP I

KODAM I/BB | Galang – Danbrigif 7/RR Letnan Kolonel Inf. M. Faizal Nasution, S.I.P didampingi …