Home / Berita Satuan / Bahagianya Nek Atun, Veteran 94 Tahun Menerima Kabar Rumahnya Direhab Kodim 0201/BS

Bahagianya Nek Atun, Veteran 94 Tahun Menerima Kabar Rumahnya Direhab Kodim 0201/BS

Medan – Di beranda gubuknya yang berdinding tepas, Nek Atun menerima kedatangan sejumlah Prajurit TNI dari Kodim 0201/BS Medan.

Tak ada penyambutan istimewa. Janda tua yang hidup sebatang kara ini hanya menerima tamunya sambil duduk di kursi plastik warna hijau.

Namun detik berikutnya, veteran pejuang kemerdekaan ini seperti tak percaya atas kabar yang didengarnya.

“Rumah ibu akan kami rehab menjadi lebih layak huni. Ini perintah Pangdam I/BB melalui Dandim 0201/BS,” begitu isi kabar gembira yang diterima perempuan 94 tahun ini.

Karuan saja Nek Atun mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Seketika itu pula, terlintas di benaknya, gubuk reyot yang sudah setia mendampingi selama ini, tak lama lagi akan menjadi lebih cantik dengan dinding dan cat yang pasti baru.

“Sampaikan terima kasih saya kepada bapak Pangdam I/BB serta Dandim 0201/BS, karena sudah berkenan membuat wanita tua sebatang kara ini tersenyum bahagia di hari-hari tuanya,” ucap Nek Atun dengan suara bergetar menahan rasa haru di dada.

Dialog singkat ini terjadi pada Jumat (5/6/2020) kemarin. Kala itu, menjelang tengah hari, sejumlah personel Kodim 0201/BS yang dipimpin Pasi Teritorial, Mayor Inf Romi Sembiring, datang ke rumah Nek Atun di Jln Klambir V, Pasar I Umum, Dusun XVIII, Desa Klambir V Kebon, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang.

Kedatangan para personel Kodim 0201/BS ini dalam rangka karya bakti rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menyambut HUT ke-70 Kodam I/BB pada 20 Juni 2020 mendatang.

Dalam sasaran karya bakti ini, gubuk reyot Nek Atun merupakan satu dari tiga sasaran yang dipilih.

“Dua RTLH lagi yang akan direhab, masing-masing milik purnawirawan TNI AD dan warga sipil,” terang Mayor Sembiring.

Untuk rumah Nek Atun, proses rehab akan didahulukan. Alasannya untuk memberi kenyamanan bagi nek Atun dalam menjalani hari-hari tuanya. Apalagi, Nek Atun selama ini sudah hidup menjanda sejak 1947 silam, dan selama itu pula ia hidup sendiri tanpa ditemani seorang anak pun.

“Suami Nek Atun ini juga seorang pejuang yang gugur dalam peperangan melawan penjajah di wilayah Aceh. Jadi, kita mendahulukan proses rehab untuk rumahnya, baru disusul dua rumah lainnya,” urai Mayor Sembiring.

Dalam kesempatan ini, Mayor Sembiring yang mewakili Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, juga menyerahkan bantuan sembako kepada Nek Atun.

Dikatakan Mayor Sembiring, renovasi RTLH dan pembagian sembako ini merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Kodam I/BB melalui Kodim 0201/BS dalam upaya mengatasi kesulitan warga di sekitar, terutama bagi mereka yang kurang beruntung dalam perekonomiannya.

Ditambahkan Mayor Sembiring, selain renovasi RTLH, Kodim 0201/BS juga menggelar karya bakti pembagian sembako kepada para pemulung yang sehari-hari beraktivitas di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

“Kegiatan lain dalam menyambut HUT ke-70 Kodam I/BB yang dilakukan Kodim 0201/BS adalah membersihkan kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan di Jln Sisingamangaraja Medan,” pungkasnya.

Check Also

Pastikan Batas Negara Aman, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa Laksanakan Patroli Patok

Kodam I/BB | Merauke – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Satgas Yonif …